Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

7 Desember 2023

Bantu Tekan Inflasi, Pemerintah Kota Solok Bentuk Kebun Forkopimda

Bantu Tekan Inflasi, Pemerintah Kota Solok Bentuk Kebun Forkopimda

Solok, (InfoPublikSolok) – Semenjak merebaknya wabah Covid-19, Pertumbuhan ekonomi dan inflasi menjadi perhatian utama pemerintah. Meningkatnya harga kebutuhan terutama kebutuhan pokok menjadikan daya beli masyarakat menurun.

Untuk sektor pertanian, dampak perang Rusia-Ukraina menambah kenaikan harga pupuk untuk pertanian yang berakibat biaya produksi semakin meningkat.

Namun demikian, sesuai pernyataan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan RI, Dr. Ir. Nasrullah, M.Sc, kenaikan harga di tingkat konsumen belum tentu dipengaruhi oleh kenaikan harga di tingkat produsen. Peran biaya distribusi juga mempengaruhi harga akhir.

Dalam rangka menekan laju inflasi di Kota Solok, Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Pertanian menggalakkan gerakan tanam cabai, bawang dan komoditas pertanian lainnya di masyarakat. Keterbatasan lahan tidak menghalangi masyarakat untuk bertanam. Saat ini banyak teknologi pertanian yang bisa digunakan di lahan terbatas.

Pemerintah Kota Solok juga berinisiatif memanfaatkan lahan yang sementara tidak tergarap di Kelurahan Tanah Garam dengan membuat “Kebun Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Solok”. Pada lokasi tersebut ditanam tanaman yang diharapkan dapat menekan inflasi seperti cabai biasa, cabai rawit, jagung, kacang tanah dan tanaman lainnya.

Untuk mengawali pertanaman di Kebun Forkopinda Kota Solok, Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar bertanam cabai perdana tanggal 16 Mei 2023. Tanam perdana ini juga dihadiri oleh Dandim 0309 Solok, Kapolres Solok Kota, Ketua Pengadilan Negeri Kota Solok, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Solok, Asisten I Setdako Solok, Kepala OPD, Camat Lubuk Sikarah, LKAAM, Bundo Kanduang dan Ketua KNPI Kota Solok.

“Kebun Forkopinda bertujuan untuk menekan inflasi dengan menanam komoditas penyumbang atau rentan inflasi,” tutur Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, Zulkifli.

Setelah acara penanaman selesai, dilakukan makan jagung dan kacang rebus bersama secara sederhana di gaduang kebun Forkopinda. Dari situ timbul ide untuk melakukan aktivitas rapat tidak hanya di ruangan, namun bisa dilakukan di lapangan seperti di Kebun Forkopimda ini sambil menikmati hasil pertanian yang ada. (fa)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.