Bappeda Kota Solok Susun Pohon Kinerja Misi Kepala Daerah Terpilih

Bappeda Kota Solok Susun Pohon Kinerja Misi Kepala Daerah Terpilih

Solok, (InfoPublikSolok) – Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Solok melakukan penyusunan Pohon Kinerja Misi Pasangan Walikota dan Wakil Walikota Solok terpilih di Ruang Rapat Bappeda Kota Solok, Kamis (25/2).

KPU Kota Solok pada tanggal 23 Januari 2021 yang lalu, telah menetapkan pasangan H. Zul Elfian, SH, M.Si dan DR. Ramadhani Kirana Putra, SE, MM sebagai pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Solok terpilih dalam Pilkada Kota Solok tahun 2020.

Bappeda Kota Solok lakukan penyusunan pohon kinerja Misi Walikota terpilih untuk selanjutnya dijabarkan kedalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Solok Tahun 2021-2026.

Saat mendaftar ke KPU pada waktu yang lalu Pasangan Terpilih telah menyampaikan 5 misi beliau jika terpilih sebagai Walikota dan Wakil Walikota. Misi tersebut terdiri dari: Misi Pertama; Membangun masyarakat yang berkepribadian religius dan berbudaya melalui penguatan keimanan dan ketaqwaan serta pengembangan nilai-nilai budaya. Kedua; Peningkatan perekonomian daerah yang berorientasi ekonomi kerakyatan berbasis pada potensi unggulan daerah yang berkelanjutan dan didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi.

Misi Ketiga; Peningkatan kualitas hidup masyarakat dengan meningkatkan derajat kesehatan, pendidikan dan perlindungan sosial, Keempat; Optimalisasi penataan ruang dan penyediaan infrastruktur kota berwawasan lingkungan. Misi terakhir yang kelima adalah Peningkatan kapasitas pemerintahan dan manajemen birokrasi yang bersih efektif dan efisien.

Pohon Kinerja (Cascading) adalah penjabaran kinerja dan indikator kinerja yang lebih terperinci atau kondisi-kondisi yang mempengaruhinya dengan menggunakan kerangka logis. Pohon Kinerja yang disusun ini digunakan sebagai dasar penyusunan perjanjian kinerja berjenjang, yang mana dalam penyusunannya harus selaras dengan RPJMD dan Rencana Strategis (RENSTRA) perangkat daerah sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing Perangkat Daerah.

Menurut Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, bahwa RPJMD harus ditetapkan oleh Peraturan Daerah paling lama 6 (enam) bulan setelah kepala daerah terpilih dilantik. Penyusunan pohon kinerja hari ini merupakan kelanjutan dari serangkaian proses yang telah dilaksanakan oleh Pokja secara maraton.

Acara ini diskusi ini dipimpin oleh Kepala Bappeda Jonedi, SH, MM dan dihadiri oleh Tim Pokja penyusunan RPJMD Kota Solok Tahun 2021-2026. Turut hadir dalam diskusi ini Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Susweni, SH yang walaupun sudah hampir mendekati masa purna bakti tapi tetap semangat memberikan masukan yang terbaik bagi kemajuan Kota Solok. (ds).

Tags: , , , , , ,