Bawaslu Berikan Sosialisasi Pengawasan Pemilu pada TP-PKK

Bawaslu Berikan Sosialisasi Pengawasan Pemilu pada TP-PKK

Solok, (InfoPublikSolok) – Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Solok memberikan sosialisasi Persiapan Pengawasan Pemilu/ Pemilihan Serentak 2024 kepada Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Solok, Selasa (19/4).

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Kantor TP-PKK Kota Solok, ini dihadiri oleh Sekretaris TP-PKK Kota Solok Asnimar, BA, Ketua Bidang II Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi PKK Kota Solok Rida Syaiful, dan Ketua Bidang IV Kesehatan Keluarga dan Lingkungan Hj. Ely Umar Rivai, serta seluruh anggota PKK di Kota Solok.

Atas kesempatan yang telah diberikan pada acara tersebut, Ketua Bawaslu Kota Solok Triati menyampaikan ucapan terimakasih kepada pengurus TP-PKK Kota Solok.

Dan kegiatan ini merupakan media bagi lembaga yang ia pimpin untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat serta merupakan wadah untuk memberikan pendidikan politik terutama terkait pengawasan pemilu.

“Terimakasih kami tentunya kepada ketua dan jajaran pengurus TP-PKK Kota Solok atas kesempatan yang telah diberikan, dan kagiatan seperti inilah yang menjadi wadah bagi kami untuk mengenalkan Bawaslu dan memberikan pendidikan politik terkait pengawasan pemilu kepada masyarakat,” sebut Triati saat pembukaan acara.

Lebih lanjut Triati menerangkan bahwa tugas Bawaslu adalah mengawasi pelaksanaan tahapan Pemilu/ Pemilihan.

“Bawaslu membutuhkan partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat dalam mengawasi Pemilu Serentak Tahun 2024 mendatang. Dimana Pemilu akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024, dan Pemilihan Kepala Daerah akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024. Sedangkan Tahapan pemilu 2024 itu sendiri akan dimulai pada bulan Juni tahun 2022,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama Anggota Bawaslu Kota Solok Rafiqul Amin menyebutkan bahwa PKK adalah mitra pemerintah yang bergerak dalam membantu pelaksanaan pembangunan, maka menurutnya PKK memiliki posisi yang sangat sangat strategis untuk diincar oleh parpol.

Ia berharap PKK secara kelembagaan harus netral dan jangan ikut politik praktis, karena hal itu nantinya akan menimbulkan potensi pelanggaran pemilu.

“Mari kita bersama-sama untuk mencegah terjadinya pelanggaran Pemilu dan juga bersama untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu dan Pemilihan 2024 mendatang,” harap rafiq

Senada dengan itu, Anggota Bawaslu Kota Solok Budi Santosa yang juga berkesempatan memberikan materi terkait pengawasan Pemilu berpesan agar seluruh pengrus TP-PPK Kota Solok bisa menjaga marwah lembaga, yaitu tentunya dengan memberikan citra yang baik untuk lembaga. Dengan menjaga diri dan keluarga dari praktik-praktik pelanggaran Pemilu sudah merupakan bentuk upaya oleh semua pengurus TP-PKK Kota Solok dalam menjaga marwah organisasi.

 

Tags: ,