Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Bekali Penyuluh, BPP Tanjung Harapan Lakukan Training Pembuatan Aquascape

Bekali Penyuluh, BPP Tanjung Harapan Lakukan Training Pembuatan Aquascape

Solok, (InfoPublikSolok) – Kompetensi teknis berupa keterampilan sangat dibutuhkan bagi seorang penyuluh, tak terkecuali penyuluh pertanian. Seorang penyuluh pertanian tidak cukup mempunyai intelektual/pengetahuan tinggi tanpa mempunyai keterampilan yang nantinya ditularkan ke petani sebagai objek penyuluhan.

Untuk meningkatkan keterampilan penyuluh pertanian, pada tanggal 28 November 2023 bertempat di Aula BPP Kecamatan Tanjung Harapan diselenggarakan Training Penyuluh Pertanian dengan Materi Pembuatan Aquascape Ikan.

Hadir untuk membuka acara ini Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, Zulkifli, Kepala Bidang Penyuluhan, Jhoni Lukman, Kepala UPTD Balai Benih Ikan Kota Solok, Riri Kurniawan, Analis Kebijakan Ahli Muda untuk Ketenagaan Penyuluhan, Fathoni Abdillah, Penyuluh Pertanian baik ASN maupun Swadaya se Kecamatan Tanjung Harapan serta petugas teknis lainnya.

Tim narasumber dikomandoi oleh Koordinator Penyuluh Perikanan Kota Solok, Yeni Gusti Handayani yang beranggotakan penyuluh perikanan, petugas Balai Benih Ikan dan Praktisi Aquascape, Al Fajri.

“Penyuluh pertanian dalam menyampaikan penyuluhannya harus mengingat dasar penyuluhan yang menjadi tujuan penyuluhan yaitu meningkatkan pengetahuan (P), mengajarkan keterampilan (K) dan mengubah sikap (S) pelaku utama yaitu petani sebagai objek penyuluhan” tukas Kepala Dinas Pertanian dalam sambutan pembukaan.

“Penyuluh pertanian sebagai ujung tombak pembangunan pertanian tentu mempunyai peran penting karena yang langsung berhubungan dengan objek pembangunan pertanian yaitu petani adalah penyuluh pertanian” imbuh kepala dinas yang dahulunya juga seorang penyuluh pertanian.

Aquascape adalah seni menata tanaman air bersama bebatuan, cavework, atau objek pendukung lainnya sedemikian rupa untuk memelihara ikan untuk hiasan di dalam akuarium. Berbeda dengan akuarium yang hanya menekankan pada memelihara ikan hias di dalam wadah transparan.

Tim narasumber juga mempraktekkan cara menata objek yang dijadikan pendukung aquascape seperti tanaman air, batu apung kecil dan kayu sehingga menjadi kombinasi yang unik dan menarik bernilai seni tinggi.

Aquascape saat ini sangat digandrungi kalangan menengah ke atas karena keindahan yang natural untuk penghias ruangan (indoor). Hal ini menjadi peluang bagi anak muda yang mempunyai jiwa seni tinggi karena aquascape mempunyai nilai jual yang tinggi (fa/Ndy).

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan