Bekali Siswa dengan Etika di Meja Makan, SMK Negeri 3 Solok Gelar Table Manner            

Bekali Siswa dengan Etika di Meja Makan, SMK Negeri 3 Solok Gelar Table Manner                

Solok, (InfoPublikSolok) – SMK Negeri 3 Kota Solok menggelar kegiatan table manner guna membekali siswa mengenai etika di jamuan makan formal sesuai standar Internasional di ruang pertemuan The Axana Hotel Padang, Sabtu (14/12/2019).

Kegiatan ini sebagai bentuk program tahunan SMK Negeri 3 Kota Solok yang diikuti oleh 164 siswa kelas X dan XI dari 3 (tiga) kompetensi keahlian, yaitu perhotelan, kuliner dan tata busana yang didampingi oleh 19 Guru Pembimbing. Table manner merupakan tata cara/ etika makan dalam suatu jamuan makan Internasional sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku secara internasional.

Sebelum memasuki sesi acara table manner, siswa terlebih dahulu diajak berkeliling oleh pihak hotel dengan tujuan agar mereka dapat melihat secara langsung fasilitas dan aktivitas pegawai di hotel.

Penyampaian teori tata cara table manner oleh Andrianto selaku Manajer Makanan dan Minuman dan kemudian disusul dengan praktek table manner dengan menu layaknya jamuan makan lengkap mulai dari makanan pembuka, sup, makanan utama dan menu penutup. Siswa yang telah mengikuti table manner ini nantinya akan diberikan sertifikat yang dapat digunakan untuk melengkapi persyaratan mengikuti ujian kompetensi keahlian.

Fauzia Salmi selaku ketua Prodi Kuliner menyatakan, “kegiatan table manner merupakan praktek langsung yang diberikan sekolah kepada siswa tentang teori mata pelajaran produktif, sehingga siswa mampu menguasai teori tersebut,” tuturnya.

“Kami juga menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pihak The Axana Hotel Padang yang telah memberikan pelayanan yang memuaskan kepada kami mulai dari penyambutan yang ramah, penyajian menu table Manner yang memiliki cita rasa khas Western (barat), ditambah lagi ekstra ilmu yang diberikan kepada siswa seperti Making Bed dan Fruit Carving yang merupakan nilai plus untuk pihak Hotel karena sudah menambahkan fasilitas tersebut dalam kegiatan table manner kali ini sehingga kegiatan ini tidak membosankan,” tambah Fauzia Salmi. (ta)

Tags: , , , , , , , , ,