Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Benahi Wajah Stasiun KA Solok, Bundo Kanduang Terjun Langsung

Benahi Wajah Stasiun KA Solok, Bundo Kanduang Terjun Langsung

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Lingkungan Hidup bersama Dinas Pariwista dan perwakilan Bundo Kanduang melakukan Gotong royong membersihkan Stasiun Kereta Api Solok di Kelurahan Kampung Jawa pada Rabu (6/12).

Goro ini dimulai dengan pembersihan rumput liar di stasiun dan pembersihan sampah di sepanjang jalan stasiun.

Stasiun Solok merupakan salah satu stasiun kereta api nonaktif kelas II di Minangkabau yang letaknya di Jalan Kartini No. 1, Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok, Sumatra Barat. Stasiun yang terletak pada ketinggian +398 meter ini termasuk dalam Divisi Regional II Sumatera Barat.

Stasiun ini memiliki lima jalur kereta api dengan jalur 2 merupakan sepur lurus serta memiliki depo lokomotif yang sejak tahun 2014 sudah tidak dipergunakan lagi.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Pengendalian Limbah Bahan Berbahaya Dan Beracun (B3), Asril, SE, mengatakan, bahwa stasiun tersebut harus rutin dilakukan pembersihan, jika hal ini tidak dilakukan maka sampah dan tumbuhan semak belukar akan cepat  tumbuh dan menutupi stasiun, sehingga stasiun akan terbengkalai.

“Kalau tidak dibersihkan secara rutin maka akan ditumbuhi semak belukar, yang nantinya akan disarangi hewan-hewan seperti ular,” ungkapnya.

Dengan adanya pembersihan ini maka warga yang melintas akan merasa lebih aman terutama saat bepergian pada malam hari.

Asril juga menambahkan kegiatan gotong-royong tersebut sudah sering dilaksanakan oleh warga demi kelancaran dan kenyamanan bagi warga yang melintas di jalan sekitar stasiun tersebut.

Goro ini juga sekaligus saling menjalin silaturahmi, yang kali ini Bundo kanduang Kota Solok ikut serta terjun langsung agar terlaksananya komunikasi sosial dan kerjasama yang baik untuk menuju wilayah yang asri.

“Semoga silaturahmi antara kita dengan masyarakat terus terjaga dan terjalin erat,” imbuhnya (ns/r)

Tags: , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan