Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Bentuk Sentra Gakkumdu, Bawaslu Koordinasi Bersama Kapolres

Bentuk Sentra Gakkumdu, Bawaslu Koordinasi Bersama Kapolres

Solok, (Info Publik Solok) – Bawaslu Kota Solok melakukan koordinasi persiapan pembentukan Sentra Gakkumdu dengan Kapolres Solok Kot. Kegiatan ini berlangsung di Kantor Polres Solok Kota pada Rabu (27/07).

Ketua Bawaslu Kota Solok Triati menyatakan bahwa, ” Koordinasi dengan Kapolres Solok Kota hari ini adalah dalam rangka membahas dan menyamakan pemahaman terhadap persiapan pembentukan Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) untuk Pemilu Tahun 2024, ” jelas Ketua yang didampingi oleh Koordinator Sekretariat Bawaslu Kota Solok.

Hal ini berdasarkan pada surat Ketua Bawaslu RI Nomor : 247/PP.00.00/K1/07/2022 tanggal : 14 Juli 2022 Perihal Persiapan Pembentukan Anggota Sentra Gakkumdu Provinsi/Kabupaten/Kota dan dengan tetap mempedomani Pasal 12, Pasal 13, Pasal 15 dan Pasal 16 Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor 31 Tahun 2018 tentang Sentra Penegakkan Hukum Terpadu, dimana untuk jumlah penyidik dan jaksa yang tergabung dalam Gakkumdu Kabupaten/Kota paling banyak 6 (enam) orang dan dalam keadaan tertentu jumlah penyidik dan jaksa pada setiap tingkatan dapat ditambah sesuai dengan kebutuhan.

Gakkumdu sebagai sentra penegakan hukum terpadu memiliki peran penting dalam penanganan tindak pidana pemilu. Dalam Pasal 486 butir (1) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum secara eksplisit dijelaskan dibentuknya Gakkumdu bermaksud untuk menyamakan pemahaman dan pola penanganan tindak pidana pemilu oleh Bawaslu, Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Kejaksaan Agung Republik Indonesia.

Fungsi Sentra Gakkumdu adalah sebagai forum koordinasi dalam proses penanganan setiap pelanggaran tindak pidana Pemilu, pelaksanaan pola tindak pidana pemilu, pusat data, peningkatan kompetensi dan monitoring evaluasi.

Sementara itu Kapolres Solok Kota, AKBP Ahmad Fadilan menyambut baik kedatangan Bawaslu Kota Solok dan telah menyiapkan personil penyidik yang sudah memiliki pengalaman dalam menangani tidak pidana pemilu untuk dimasukkan dalam susunan Sentra Gakkumdu Bawaslu Kota Solok Pemilu Tahun 2024. (si)

Tags: , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.