Berhadiah Sepeda Motor, Ribuan Warga Solok Serbu Gebyar Vaksinasi

Berhadiah Sepeda Motor, Ribuan Warga Solok Serbu Gebyar Vaksinasi

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam upaya mendorong percepatan vaksinasi Covid-19, Pemerintah Kota Solok bersama lintas sektoral menyediakan doorprize satu unit sepeda motor untuk menarik animo masyarakat mengikuti kegiatan vaksinasi massal.

Vaksinasi massal yang dilaksanakan di GOR Tanjung Paku pada Sabtu (30/10) pagi itu dihadiri langsung Wakil Wali Kota Solok, Kapolres Solok Kota, Dandim 0309/Solok dan Kajari Solok.

Pantauan di lokasi, animo warga mengikuti gebyar vaksinasi sudah mulai terlihat ramai sejak pagi, tidak hanya di dalam gedung, antrian warga yang ingin ikut vaksin sangat padat di pelataran GOR Tanjung Paku.

Kapolres Solok Kota, AKBP Ferry Suwandi mengatakan pihak Polres Solok Kota turut memberikan dukungan berupa doorprize menarik kepada masyarakat yang melakukan vaksinasi.

Gebyar vaksinasi berhadiah ini serentak dilakukan di seluruh daerah tingkat dua di Sumatera Barat dalam rangka mendukung program Sumatera Barat Sadar Vaksin (Sumdarsin) yang digagas Pemprov dan Polda Sumbar.

“Gebyar vaksinasi ini dilaksanakan lima tahap dan akan ada doorprize setiap minggunya,” ujar Ferry. Pihaknya berharap dengan percepatan vaksinasi ini dapat membantu upaya pemerintah menghentikan pandemi Covid-19 agar semua aktivitas dapat kembali normal tanpa ada lagi pembatasan sosial.

Kali ini, total ada 3000 dosis vaksin disiapkan untuk masyarakat Kota Solok dan 2000 dosis vaksin untuk masyarakat Kabupaten Solok. Vaksin yang tersedia untuk dosis pertama yaitu vaksin merek Sinovac, dan Pfizer, sedangkan untuk dosis kedua tersedia vaksin Moderna dan Coronovac.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota, Ramadhani Kirana Putra mengungkapkan, program vaksinasi Covid-19 di Kota Solok saat ini telah mencapai 60 persen dari target. Ia optimis target vaksinasi pada Desember 2021 dapat tercapai 80 persen yang merupakan syarat terbentuknya kekebalan kelompok atau herd immunity sesuai rekomendasi ahli epidomologi.

“Pemerintah Kota Solok merasa terbantu dengan adanya kerjasama lintas sektoral Forkopimda dan seluruh seluruh pihak terkait dalam upaya menciptakan kekebalan masyarakat dari paparan Covid-19,” ucap Ramadani dalam sambutannya saat membuka gebyar vaksinasi massal.

“Kekebalan tubuh akan terbentuk jika sudah melakukan vaksin dosis kedua, kepada masyarakat kami sampaikan vaksinasi belum sempurna jika hanya dosis pertama saja,“ sebutnya.

Usai kegiatan, hingga pukul 17.00 WIB tercatat sebanyak 2.494 warga Kota Solok dan sekitarnya mengikuti vaksinasi. dengan rincian 1.355 melakukan vaksin pertama, 1.138 mengikuti vaksin kedua serta 1 orang tenaga kesehatan mengikuti vaksin ketiga merek Moderna.

 

Penulis: Anisa Mega Fatthu Rahmi
Redaktur: Rano Efmon

Tags: , ,