Bhakti IBI KB Kes Berikan Pelayanan KB Gratis

Bhakti IBI KB Kes Berikan Pelayanan KB Gratis

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Solok, bersama Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Solok serta Babinsa Kota Solok adakan Pelayanan Safari KB Gratis, Selasa (16/7/19)

Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) mempunyai arti yang sangat penting dalam upaya mewujudkan manusia Indonesia Sejahtera disamping program Pendidikan dan Kesehatan.

Paradigma baru program KB telah mengarah dan berorientasikan kepada kesetaraan dan keadilan gender, yang berarti kesertaan KB bagi pria maupun wanita adalah sama.

Berdasarkan data Pencapaian Peserta KB Baru BKKBN Perwakilan Provinsi Sumatera Barat sampai dengan bulan Juni tahun 2019 adalah sebanyak 383 Akseptor.

Kepala Seksi Jaminan Pelayanan KB Essy Maivasni menyampaikan, “Akseptor KB sangat antusias dengan diadakannya Safari KB Gratis ini, terlihat jelas akseptor yang hadir lebih dari 30 orang untuk mendapatkan pelayanan KB. Rata-rata akseptor KB banyak memilih Metode KB Jangka Panjang (MKJP).

“Permasalahan yang terjadi saat ini adalah masih rendahnya partisipasi dalam hal kehidupan reproduksi mereka, antara lain masih ditandai dengan rendahnya kesertaan ber-KB bagi pria,” sebutnya.

“Pada hakikatnya, rendahnya peserta KB pria ini disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain kurangnya dukungan politis, sosial budaya dan keluarga agar pria mempergunakan alat kontrasepsi serta kurangnya pengetahuan dan kesadaran dari pria karena rendahnya akses mereka terhadap informasi mengenai partisipasi pria dalam ber KB dan adanya kekhawatiran berdampak kepada kejantanan pria. Padahal sebenarnya tidak berdampak apapun. Tidak ada pengaruhnya bagi pria,” papar Essy.

Kegiatan Safari KB juga dihadiri oleh Babinsa Kota Solok, mereka juga antusias dengan kegiatan ini, tercatat dari hasil laporan yang didapat, rata-rata akseptor yang datang dihadirkan langsung oleh Bapak-Bapak Babinsa Kota Solok.

Ikatan Bidan Indonesia Kota Solok turut membantu dalam kegiatan Safari KB Gratis ini. Terlihat IBI Kota Solok ikut terjun dalam pemasangan alat kontrasepsi serta ikut memberikan konseling KB Gratis bagi Calon Akseptor KB Baru

Kepala DPPKB Kota Solok, Edi Candra memberikan apresiasi sekali dengan kegiatan ini.

Dengan demikian, pelayanan KB gratis ini sangat membantu program pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan, serta upaya mensejahterakan masyarakat, dan yang paling penting dapat melahirkan keturunan yang lebih produktif serta inovatif. (ez)

Tags: , , , , , ,

%d blogger menyukai ini: