BI Sumbar Dorong Masyarakat Lebih Kenal QRIS

BI Sumbar Dorong Masyarakat Lebih Kenal QRIS

Padang, (InfoPublikSolok) – Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar Wahyu Purnama A mengajak masyakarat untuk kenal lebih dekat dengan QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard).

“Jika pada tahun sebelumnya, mungkin baru terbatas pada tahu, maka kami mengajak masyarakat untuk lebih kenal, bertanya dan mencoba bertransaksi menggunakan QRIS melalui kegiatan QRIS Ramadan Fair, yang menawarkan berbagai promo dan diskon menarik serta kegiatan-kegiatan lainnya yang digagas oleh berbagai pihak yang bekerja sama,” kata Wahyu pada kegiatan QRIS Ramadhan Fair di Transmart Padang, Rabu (20/4/2022).

QRIS Ramadan Fair menghadirkan produk UMKM terbaik Sumatera Barat yang sudah Go-Digital, dan produk digital payment dari PJP Sumatera Barat yang juga diselenggarakan dalam rangka mendorong Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Visit Beautiful West Sumatera 2023.

Wahyu menyebutkan, kegiatan QRIS Ramadan Fair yang dilakukan saat ini merupakan tindak lanjut dari upaya memasyarakatkan pembayaran digital sejak diluncurkannya QRIS pada tahun 2019 hingga saat ini telah mencapai sebanyak 16,4 juta merchant QRIS, 14,9 juta pengguna QRIS (Januari 2022) dengan nilai transaksi mencapai Rp3,4 triliun pada bulan Februari 2022 di Indonesia.

Ia mengapresiasi Pemrov Sumatera Barat yang telah mendorong peningkatan akseptasi penyediaan QRIS. Hingga Maret 2022, terdapat 257.613 merchant meningkat 11.4% dibandingkan akhir tahun 2021. Pertumbuhan ini lebih besar dari pertumbuhan nasional yang sebesar 10,9%.

“Ini merupakan hasil sinergi dan kolaborasi yang kuat antara Bank Indonesia, Pemerintah Daerah, UMKM, PJP, dan lembaga terkait,” pungkasnya.

Tags: ,