Bimbingan Kerja Program Magang ke Jepang Bagi Siswa SMKN 2 Solok

Bimbingan Kerja Program Magang ke Jepang Bagi Siswa SMKN 2 Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Solok melaksanakan bimbingan kerja tentang tata cara bekerja dalam dan luar negeri dalam hal prosedur dan teknis program magang ke Jepang kepada Siswa/ Siswi kelas XII SMKN 2 Solok sebanyak 50 orang.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat (22/02/2019) ini dibuka oleh Sekretaris DPM-PTSP Kota Solok, Arjuna Anwar Nani, S.Sos, M.Si dengan menghadirkan instruktur dari Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Haruki Gakkou Solok. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada siswa terhadap peluang kerja di Jepang.

Sekretaris DPM-PTSP menjelaskan pada pembukaan, “Pemerintah Kota Solok melalui Bidang Pengaduan Advokasi dan Tenaga Kerja, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Solok pada tahun 2019 melakukan kegiatan pra seleksi magang ke Jepang untuk masyarakat Kota Solok yang memiliki keinginan untuk mengikuti program magang ke Jepang. Untuk gelombang pertama kegiatan pra seleksi magang ke Jepang akan dilaksanakan sebelum seleksi tahap pertama di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 1 April sampai dengan 3 April 2019,” jelas Arjuna.

Dalam penyampaiannya, Instruktur memberikan gambaran tentang seleksi yang harus dihadapi oleh calon peserta magang ke Jepang seperti tes tertulis, tes fisik, medical check-up. Seleksi tahap awal dilakukan di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat.

“Jika calon peserta lulus seleksi di tingkat Provinsi, maka peserta akan dikarantina bersama calon peserta lainnya dari seluruh Indonesia di Bandung selama tiga bulan sebelum diberangkatkan ke Jepang. Disamping itu selama karantina peserta akan diberikan informasi tentang bagaimana bekerja di Jepang, tentang adat istiadat dan kebiasaan/ budaya orang di Jepang serta penerapan disiplin selama bekerja. Program magang kerja ke Jepang merupakan kerjasama antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Jepang,” papar Hendrazel dari Haruki Gakkou. (gp)

Tags: , , ,

%d blogger menyukai ini: