Bimbingan Pra Nikah Bagi Remaja Usia Nikah

Bimbingan Pra Nikah Bagi Remaja Usia Nikah

Solok, (InfoPublikSolok) – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Solok mengadakan kegiatan bimbingan perkawinan Pra Nikah bagi Remaja Usia Nikah, yang bertemakan Berkah (Belajar Rahasia Nikah). Bimbingan yang diperuntukkan kepada calon pengantin remaja usia nikah ini agar memahami makna dan esensi pernikahan, sehingga terwujudnya keluarga yang Sakinah, Mawaddah, Warahmah.

Kegiatan ini dihadiri oleh 30 orang peserta terdiri pelajar dan mahasiswa dengan mendatangkan Narasumber, Hamrizal, Kasi Kemasjidan dari Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, bertempat di Aula Mesjid Agung Al Muhsinin Kota Solok, Selasa (29/10).

Kepala Kantor Kemenag Kota Solok, H. Burhanuddin Chatib didampingi Kasi Bimas H. Afrizen dalam arahannya menyatakan bahwa tujuan kegiatan ini pada dasarnya untuk menanggapi dan mananggulangi isu perceraian yang tinggi di Kota Solok, yang disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain pengaruh teknologi informasi yang seringkali menyebabkan miss komunikasi antar pasangan yang rentan menimbulkan kecemburuan dan konflik, terjadinya ketidakcocokan antara mertua dengan menantu, serta masalah ekonomi.

Proses mewujudkan keluarga sakinah pada dasarnya adalah adanya sikap saling memahami tugass masing-masing dalam keluarga berlandaskan rasa keterbukaan, karena secara kodratnya tidak ada keluarga yang mulus berjalan tanpa konflik ibarat periuk dengan tutupnya, dan yang terpenting adalah bagaimana kita bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan bijak.

Saat ini tingginya angka perceraian disebabkan karena kurangnya memahami makna arti dari sebuah pernikahan, dengan melalui tema Berkah inilah, para usia nikah belajar bagaimana membentuk keluarga yang Sakinah, pungkas Burhanuddin.

Dalam laporannya Afrizen, Kasi Bimas mengatakan melalui kegiatan Belajar Rahasia Nikah pembinaan keluarga sakinah bagi para calon pengantin dan usia pra nikah, terciptanya keluarga yang harmonis dan generasi Qur’ani. (hd)

Tags: , , , ,