Bimbingan Teknis Metadata Statistik Sekotral Bagi Aparatur

Bimbingan Teknis Metadata Statistik Sekotral Bagi Aparatur

Solok, (InfoPublikSolok) – Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Solok mengadakan bimbingan teknis mengenai metadata statistik sektoral bagi aparatur di lingkungan Pemerintah Kota Solok, di Aula Kantor Lurah VI Suku, pada Senin (23/11/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan untuk penyempurnaan hasil data sektoral ini dihadiri oleh Aan Subrata dari Badan Pusat Statistik sebagai narasumber, Lusya Adelina Sekretaris Dinas Kominfo, dan utusan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dalam sambutannya, Lusya Adelina memaparkan bahwa saat ini masyarakat telah meningkat kepercayaan terhadap data dan informasi yang disampaikan Pemerintah. Kondisi ini merupakan tantangan yang harus dijawab dengan kualitas data yang dikeluarkan Pemerintah.

“Dinas Komunikasi dan Informatika menghadapi banyak tantangan, yaitu peningkatan ragam dan kualitas data yang harus disediakan, perkembangan teknologi, serta tuntutan stakeholders untuk terus memperoleh data yang berkualitas dan mudah diakses,” papar Sekretaris Dinas kominfo Kota Solok.

“Saat ini sudah terjadi perubahan paradigma. Kalau dulu data dan informasi adalah milik pemerintah. Saat ini sudah berubah data dan informasi juga harus diketahui oleh masyarakat, maka dari itu peran Dinas Komunikasi dan Informatika dan Badan Pusat Statistik sangatlah penting untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas, masyarakat yang sangat mengerti akan Data,” lanjut Lusya Adelina.

Kegiatan dilanjutkan dengan bimbingan teknis yang dipimpin langsung oleh Aan Subrata sebagai pemateri. Dalam pemaparannya Aan menyampaikan tentang peran data dalam pemerintahan “data adalah catatan atau sekumpulan atau deskripsi berupa angka, karakter, symbol, gambar, peta, tanda, syarat,tulisan, suara dan bunyi, yang mempersentasikan keadaan sebenarnya”, papar Aan Subrata.

Lebih lanjut Aan menjelaskan metadata berfungsi membantu atau memudahkan dalam pencarian data sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Bimbingan teknis dilanjutkan dengan cara mengisi lembar keterangan petugas dan pengesahan pengisian metadata kegiatan statistik yang dipandu langsung oleh narasumber, Aan Subrata. (Eg)

Tags: , , , , , , ,