Bimtek Kemandirian Bagi PKL dan Pedagang Asongan

Bimtek Kemandirian Bagi PKL dan Pedagang Asongan

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Solok melaksanakan bimbingan teknis ( Bimtek ) dalam rangka pembinaan / penyuluhan kegiatan displin para PKL dan pedagang asongan di aula Dinas Kesehatan Kota Solok, Rabu (07/08/2019).

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Drs.Dedi Asmar , yang diikuti 70 orang para pelaku usaha yang telah menerima bantuan sarana perdagangan berupa gerobak, etalase,dan bagasi berjualan pada tahun 2016 / 2018. Kegiatan ini menghadirkan Narasumber dari Dinas Perundistrian Provinsi Sumatera Barat Hasnurita, SH.M.SI dan didampingi oleh Kabid Perdagangan BPKUKM Aznil Zaini, ST, MT.

Acara ini merupakan bentuk pembinaan kepada pedagang pemula, yang selama ini diistilahkan dengan pedagang kaki lima ( PKL ) dan dirubah sebutan PKL menjadi pedagang kreatif lapangan. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan bentuk perhatian dan kepedulian Pemerintah khususnya Kota Solok, guna mengangkat harkat dan martabat pedagang kecil yang selama ini dibeberapa tempat sering dideskreditkan. Hal ini dimaksudkan untuk menjadi stimulus bagi para penggerak dunia usaha kecil sehingga bisa kreatif dalam mengelola dalam mengembangkan usahanya khususnya Pedagang Pemula (PKL) Kota Solok.

Dalam pembukaan, Kepala Dinas Perdagangan Drs.Dedi Asmar memotivasi peserta untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan usaha sumber daya yang dimiliki pelaku usaha. Tetap memperhatikan kiat-kiat dalam tiap berusaha, disamping konsisten dalam berjualan, target waktu berjualan, tekun dan rajin serta memperhatikan jenis dagangan. Disamping itu, perlu diperhatikan lokasi tempat usaha sehingga tidak menimbulkan persoalan-persoalan lingkungan yang selama ini menjadi citra yang kurang baik bagi para  pedagang kaki lima ( PKL ), tuturnya.(ts)

Tags: , , , ,

%d blogger menyukai ini: