Bimtek KPPS Kelurahan VI Suku dan Sinapa Piliang Menuju Pemilu 2019

Bimtek KPPS Kelurahan VI Suku dan Sinapa Piliang Menuju Pemilu 2019

Solok, (InfoPublikSolok) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solok bersama PPK Kecamatan Lubuk Sikarah menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemilu untuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kelurahan VI Suku dan Sinapa Piliang di aula Kantor Lurah VI Suku Jl. Kapten Marah Yulius No. 2, Selasa (9/4/2019).

Bimtek ini dihadiri anggota PPK Lubuk Sikarah Alfera Moulina, Sari Indrayeni dan Ketua beserta anggota PPS Kelurahan VI Suku dan PPS Kelurahan Sinapa Piliang dengan narasumber Komisioner KPU Kota Solok, Arif Santoso.

Sebelum pembukaan acara dimulai dengan acara menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan do’a. Pembukaan acara dibuka oleh PPK Kecamatan Alfera Moulina.

“Pemilu sudah mendekati kurung waktu 7 hari lagi diberitahukan kepada bapak/ibuk yang telah datang yaitu KPPS 1, 2, 4, dan 5 yang pada prinsipnya telah punya peran dan tugas masing-masing pada pemilu nanti, sebelumnya mari kita ucapakan apresiasi kepada KPU yang telah memberikan anggran dana untuk Bimtek kita pada hari ini.” ucap Alfera.

PPK Kecamatan membacakan fungsi dan tugas masing-masing KPPS pada saat pemilu nanti, dalam pelaksanaan Bimtek ini banyak pertanyaan yang muncul dari anggota KPPS mulai dari penyerahan formulir model C6-KPU kepada pemilih, persiapan TPS hingga selesainya acara hingga mekanisme kerja KPPS yang akan dilakukan pada hari pelaksanaan Pemilu nanti.

Semua pertanyaan yang diajukan oleh KPPS ditampung dan dijawab dengan baik oleh PPK Kecamatan dan Komisioner KPU.

Komisioner KPU, Arif Santoso menuturkan kepada para anggota KPPS diharapkan untuk dapat mengerti dan memahami dengan baik proses pemungutan serta perhitungan suara di TPS dalam rangka mewujudkan kedaulatan Pemilih, melayani Pemilih menggunakan hak pilihnya, memberikan akses dan layanan kepada Pemilih disabilitas dalam memberikan hak pilihnya.

“Diharapkan kepada KPPS untuk men-download aplikasi KPU RI Pemiu 2019 dan camscanner untuk mempermudah tugas-tugas dalam pelaksanaan pemilu 17 April 2019 nanti,” ujarnya

“Selain itu, diharapkan anggota KPPS nantinya mampu menjelaskan dan juga memahami tata cara mencoblos surat suara sah dan memberitahukan tidak sahnya surat suara jika mencoblos selain menggunakan alat coblos yang disediakan,” lanjutnya.

Kemudian juga anggota KPPS dapat menjelaskan larangan-larangan yang tidak boleh dilakukan pada saat berada di bilik suara,” jelas Arif Santoso. (aa)

Tags: , , , , , , ,