Kota Solok Optimis Mewujudkan Smart City

Kota Solok Optimis Mewujudkan Smart City

Solok, (InfoPublikSolok) – Kota Solok laksanakan lanjutan Bimtek Pendampingan Smart City yang diikuti oleh beberapa Kepala OPD, BUMN, BUMD, dan Akademisi yang menjadi bagian Tim Pelaksana dalam Bimtek Pendampingan Smart City Kota Solok di hari kedua Selasa, (10/9) di Aula Bappeda Kota Solok.

Acara yang digelar selama dua hari ini dengan agenda hari kedua yaitu lanjutan paparan dari Narasumber, baik dari Kementerian Komunikasi dan Informatika maupun dari Cityasia.inc. Beberapa tahapan dalam penyiapan sebuah kota menjadi smart dijelaskan secara detail sehingga kedepan peserta menjadi lebih mudah dalam memetakan permasalahan dan mencari solusi terbaik bagi Kota Solok.


Dalam paparanya Hari Kusdaryanto sebagai Narasumber memaparkan, ” Smart city adalah pengelolaan Sumber Daya Kota (SDM, SDA, Anggaran) secara efektif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang menjadi  prioritas, kemudian memberikan pelayanan yang lebih terbaik, meningkatkan daya saing kota ‘Added Value’ menuju inovasi berkelanjutan, ” jelas  Direktur City Asia ini.

Selanjutnya seluruh peserta dibagi menjadi 6 dimensi, yang masing masing dimensi mulai berdiskusi internal dengan menggali berbagi permasalahan yang ada melalui analisis SWOT. Hasil  dari setiap kelompok tersebut dituangkan dalam kerja kerja yang dipaparkan untuk mendapatkan masukan dari peserta lain maupun narasumber sehingga hasilnya menajdi lebih sempurna.

Sembari peserta berdiskusi narasumber kedua dari Kominfo kembali menegaskan bahwa komitmen pimpinan, kemudian kolaborasi serta dukungan semua pihak terkait serta niat untuk maju bersama akan mewujudkan Solok Smart City kedepannya.

 

 

Di sela sela kegiatan sedang berjalan peserta kedatangan Wakil Walikota yang berkesempatan menyerahkan Pakta Integritas kepada narasumber. Dalam kesempatan ini Wakil Walikota  menyampaikan, ” Saya sangat bangga melihat momen seperti ini, dan sangat yakin bahwa kota solok bisa maju apabila diisi oleh orang orang hebat dan komitmen. Ayolah kita bermimpi, saling berkolaborasi, karena ini akan mustahil bisa berjalan tanpa bantuan serta kerjasama kita semua. Mari kita buktikan bersama-sama bahwa kita mampu untuk menjadikan Kota Solok Smart City,” harap Reinier. (eg)

Tags: , , , ,