Bimtek Promosi dan Pemasaran Produk IKM Berbasis TI

Bimtek Promosi dan Pemasaran Produk IKM Berbasis TI

Solok, (Info Publik Solok) – Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (DPK-UKM) Kota Solok mengadakan bimbingan teknis promosi dan pemasaran produk berbasis Teknologi Informasi (TI) terhadap 30 orang Pelaku Usaha Indusri Kecil dan Menengah (IKM) di Kota Solok.

Bimbingan teknis yang bertempat di Aula Kantor Lurah VI Suku tersebut berlangsung selama dua hari (18-19 Maret 2019) dibuka oleh Kepala DPK-UKM Kota Solok, Drs. Dedi Asmar dengan mendatangkan Narasumber dari PT. Andalas Multi Guna Kreasi.

Kepala DPK-UKM, Dedi Asmar dalam sambutannya menyampaikan perkembangan teknologi informasi dan pertumbuhan pesat e-commerce di indonesia belakangan ini adalah tantangan bagi IKM dan UKM Kota Solok. Hampir semua pelaku usaha berlomba untuk berjualan memasarkan produk di online shop dengan berbagai kemudahan dan kelebihan yang ditawarkan sistem e-commerce.

Melalui bimtek ini, Dedi berharap, dapat memberikan edukasi dan informasi dalam melakukan promosi dan pemasaran produk secara online untuk memajukan kapasitas IKM di Kota Solok, juga agar produk yang dihasilkan IKM tidak hanya beredar di Kota Solok tetapi dapat dipasarkan secara global melalui media e-commerce.

Dedi sedikit bercerita tentang krisis ekonomi yang dihadapi Indonesia pada tahun 1998 menyebabkan banyak usaha skala besar yang gulung tikar karena ketergantungan bahan baku impor dan nilai tukar rupiah, sedangkan IKM dan UKM tetap mampu bertahan dari terpaan badai krisis ekonomi karena pada dasarnya produk IKM adalah produk lokal dengan bahan baku lokal bahkan beberapa produk berkualitas merupakan komoditi ekspor yang malah diuntungkan dengan lemahnya nilai tukar rupiah.

Sementara itu, PT. Andalas Multi Guna Kreasi sebagai instruktur bimtek, memberikan bimbingan kepada peserta praktek editing foto produk. Peserta dibimbing melakukan praktek foto dan editing foto produk yang baik menggunakan peralatan dan aplikasi sederhana. Mendaftar dan mengaktifkan google my bisnis, membuat akun google ads, mencoba keyword planner dan beriklan di google.

Lebih lanjut, Peserta Bimtek juga diberikan panduan dan tips-tips berjualan di lima marketplace terbesar di Indonesia yang menyediakan lapak secara gratis (Tokopedia, OLX, Bukalapak, Kaskus dan Shopee). (ts)

Tags: , , , , , , ,

%d blogger menyukai ini: