Bintang Qasidah Sangat Diminati Penonton

Bintang Qasidah Sangat Diminati Penonton

Solok, (InfoPublikSolok) – Bintang Qasidah merupakan salah satu cabang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-38 tingkat Provinsi Sumatera Barat yang sangat diminati oleh penonton, terlihat dari ramainya pengunjung menyaksikan para Bintang Qasidah Dewasa se-Sumbar yang memadati ruangan Gedung Kubuang Tigo Baleh Kota Solok, Senin (17/6/2019) malam.

Tampak hadir Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Hendri, Walikota Solok H. Zul Elfian dan Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah serta beberapa Kepala Kantor Kemenag se-Sumbar yang turut menyaksikan penampilan Bintang Qasidah.

Sebelumnya, penampilan Bintang Qasidah tingkat anak dan remaja berlangsung dari pagi hingga siang dan malamnya untuk tingkat dewasa. Cabang lomba Bintang Qasidah MTQ ke-38 tingkat Sumatera Barat di Kota Solok hanya diikuti 69 orang peserta.

“Untuk cabang Bintang Qasidah ada beberapa daerah yang memang tidak mengirimkan perwakilannya seperti Kepulauan Mentawai dan ada yang tidak lengkap perwakilannya,” kata Makhdalena selaku Panitia.

Makhdalena menambahkan, jumlah peserta Bintang Qasidah terdiri dari, kategori anak-anak (19 orang putra putri), kategori remaja (24 orang putra putri), kategori dewasa sebanyak (26 orang putra dan putri). “Tuan rumah Kota Solok mengirimkan enam perwakilan untuk cabang bintang Qasidah,” ungkapnya.

Cabang Bintang Qasidah sendiri merupakan syair epik kesusastraan Arab yang dinyanyikan. Penyanyi menyanyikan lirik berisi puji-pujian dan ayat Alquran untuk kaum muslim, dimana lagu-lagunya mengandung unsur-unsur dakwah Islamiyah dan nasihat baik sesuai ajaran Islam.

Cabang Bintang Qasidah dalam MTQ ke-38 ini dinilai oleh sebanyak 11 orang dewan hakim atau juri. Setiap satu bidang penjurian terdiri dari tiga juri.

Penilaian bintang Qasidah terbagi dalam empat bidang yaitu ekspresi, teknik, penampilan, dan vokal. Juri dan hakim merupakan orang-orang yang kompeten di bidang Qasidah. Setiap peserta memikirkan dan membawa kostum dari daerahnya.

Dalam waktu yang sama Kakanwil Kemenag Sumbar juga menyempatkan untuk menyaksikan penampilan Qori Qoriah dalam babak penyisihan pada cabang lomba Tilawah Dewasa yang bertempat di Mimbar Utama Lapangan Merdeka kota Solok. (hd)

Tags: , , ,