BKKBN Sosialisasikan Perencanaan Kehidupan Berkeluarga

BKKBN Sosialisasikan Perencanaan Kehidupan Berkeluarga

Solok, (InfoPublikSolok) – Permasalahan remaja merupakan permasalahan yang sangat komplek mulai dari jumlahnya cukup besar hingga masalah perilaku remaja itu sendiri.

Menyikapi hal itu Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Solok menggandeng BKKBN Provinsi Sumatera Barat mengadakan Sosialisasi Perencanaan Kehidupan Berkeluarga Sebagai Calon Ibu Bagi Kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR), Senin (15/7).

Pada kegiatan ini BKKBN Provinsi Sumatera Barat menghadirkan narsumber Muzhardi selaku Kasubid Bina Keluarga Remaja Perwakilan dengan tema “Proyek Prioritas Nasional Penyiapan Perencanaan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja dalam Sistem Informasi Keluarga”.

Sosialisasi ini dilaksanakan oleh Panitia BKKBN Provinsi Sumatera Barat dan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana beserta Forum GenRe Kota Solok dan Provinsi Sumatera Barat.

Dalam laporan pelaksanaan, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berancana Kota Solok (DPPKB) Edi Candra, SH menyampaikan tujuan diadakan sosialisasi ini guna untuk memberikan edukasi orang tua yang mempunyai anak remaja dan remaja yang ada di Kota Solok.

Pada pembukaan acara, Walikota Solok Zul Elfian sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh jajaran BKKBN mulai dari pusat hingga ke daerah ini.

“Kami mendukung sepenuhnya pelaksanaan Program Prioritas Nasional ini, agar remaja putri di Kota Solok dalam menghadapi kehidupan berkeluarga nantinya mendapatkan edukasi serta informasi dalam menyiapkan Perencanaan Kehidupan Berkeluarga bagi remaja untuk menjadi Calon Ibu,” ujar Wako

Dalam pemaparan materi, Muzhardi menegaskan bahwa Kebijakan Keluarga Berencana dilakukan untuk mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualitas dengan membantu calon atau pasangan suami istri dalam mengambil keputusan dan mewujudkan hak reproduksinya secara bertanggung jawab.

“Usia ideal perkawinan, usia ideal melahirkan, jumlah ideal anak, jarak ideal kelahiran anak, dan penyuluhan kespro yang diantaranya dilakukan melalui pembinaan keluarga,” tegasnya.

“BKKBN Pusat membuat Program Prioritas Nasional tentang Penyiapan Perencanaan Kehidupan Berkeluarga bagi remaja melalui edukasi Kesehatan Reproduksi dan Gizi pada remaja putri sebagai Calon Ibu,” kata Muzhardi mengakhiri paparannya. (ez)

Tags: , , , , ,