BKPSDM Fasilitasi Pengisian Rencana Pengembangan Kompetensi ASN Disperkim

BKPSDM Fasilitasi Pengisian Rencana Pengembangan Kompetensi ASN Disperkim

Solok (InfoPublikSolok) – Sedikitnya 30 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Solok mengikuti sosialisasi Pengisian Data Kebutuhan dan Rencana Pengembangan Kompetensi Pegawai Negeri Sipil yang digelar oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) di ruangan Kepala Dinas Perkim Kota Solok, Kamis (12/1).

Kegiatan ini menindaklanjuti Peraturan Lembaga Administrasi Negara No 10 Tahun 2018 tentang Pengembangan Kompetensi Pegawai Sipil Negara telah mengamanatkan pentingnya pengembangan kompetensi ASN, dimana seluruh ASN diwajibkan untuk mengisi Rencana Pengembangan Kompetensi Pegawai. Hal ini sebagai perwujudan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

“Adapun tujuan pengisian Rencana Pengembangan Kompetensi pegawai ini adalah untuk menjamin pengembangan kompetensi pegawai terlaksana secara efektif, tepat sasaran, dan tepat guna yang dituangkan dalam form Rencana Pengembangan Individu (RPI),” kata Mira Ruhaida dari BKPSDM Kota Solok.

Dalam sosialisasi ini dijelasakan langkah-langkah pengisian RPI, diawali dengan penyusunan kebutuhan dan rencana pengembangan kompetensi secara berjenjang, mulai dari atasan langsung dari OPD menyusun kebutuhan dan rencana pengembangan kompetensi bagi Jabatan Fungsional Ahli Pertama dan/atau Pelaksana.

Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Perkim Kota Solok, Ramayani Syafitri BR. Hutagalung pada saat yang sama menerangkan bahwa kompetensi seorang individu merupakan sesuatu yang melekat dalam dirinya yang dapat digunakan untuk memprediksi tingkat kinerjanya.

Sesuatu yang dimaksud bisa menyangkut motif, konsep diri, sifat, pengetahuan maupun kemampuan/keahlian dan kompetensi individu yang berupa kemampuan dan pengetahuan bisa dikembangkan melalui pendidikan dan pelatihan.

Tidak kalah penting, tujuan pengembangan kompetensi ASN adalah untuk meningkatkan fungsi utamanya yaitu sebagai pelayan publik. Seiring berkembangnya zaman, kebutuhan publik terus mengalami perubahan sehingga harus ada penyesuaian pelayanan dari pemerintah. (jt)

Tags: