BPBD Sosialisasikan Aplikasi PUSPINA di 13 Kelurahan

BPBD Sosialisasikan Aplikasi PUSPINA di 13 Kelurahan

Solok, (InfoPublikSolok) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok lakukan sosialisasi aplikasi PUSPINA (Pusat Informasi Bencana) ke 13 kantor Kelurahan di Kota Solok pada 28 s/d 30 Agustus 2019.

Aplikasi Puspina adalah aplikasi yang menjadi pusat pelayanan informasi kebencanaan secara dua arah bagi masyarakat Kota Solok. Aplikasi ini terbentuk berkat kerjasama BPBD dengan Dinas Kominfo Kota Solok. Pasca diluncurkannya aplikasi Puspina, sekarang BPBD Kota Solok melakukan sosialisasi ke 13 Kantor Kelurahan yang ada di Kota Solok. Kedatangan BPBD disambut dengan sangat baik oleh pihak Kelurahan.

Tujuan dilakukannya sosialisasi ini adalah agar masyarakat Kota Solok mengetahui dan dapat memanfaatkan aplikasi yang bisa digunakan oleh seluruh masyarakat Kota Solok. Aplikasi ini dibuat untuk memberikan kemudahan masyarakat untuk melaporkan kejadian atau bencana yang terjadi di Kota Solok.

Aplikasi ini memuat berbagai macam fitur yang dapat digunakan. Fitur – fitur ini diantaranya mengenai cuaca, lapor, berita, medsos, whatsApp, telpon, edukasi dan lain sebagainya. Fitur cuaca memuat laporan cuaca yang terjadi di Kota Solok setiap harinya. Fitur lapor merupakan fitur yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat Kota Solok jika melihat kejadian atau bencana. Laporan yang disampaikan melalui aplikasi ini akan ditanggapi langsung oleh Pusdalops BPBD Kota Solok dan kemudian tim yang bertugas akan melakukan pemantauan langsung ke lokasi kejadian.

Seperti yang kita ketahui saat ini, bahwa masyarakat sudah menggunakan teknologi yang canggih. Jadi kami berinisiatif untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat mempermudah masyarakat untuk melaporkan kejadian yang mereka lihat atau alami. Melalui kerjasama antara BPBD dan Dinas Kominfo Kota Solok, terbentuklah sebuah Aplikasi PUSPINA. Melalui aplikasi ini nantinya masyarakat tidak perlu lagi susah-susah mengunjungi langsung kantor BPBD untuk melaporkan bencana yang mereka lihat, tetapi dapat menggunakan aplikasi PUSPINA untuk mempersingkat waktu.

“Tidak hanya untuk melaporkan kejadian namun aplikasi ini juga memuat fitur edukasi dimana masyarakat juga dapat memperoleh informasi atau pengetahuan seputar bencana,“ terang Adel Wiratama Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi. (ma)

Tags: , , , ,

%d blogger menyukai ini: