Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Bumi Sikerei Jadi Tuan Rumah Kemah Bela Negara Tingkat Sumbar

Bumi Sikerei Jadi Tuan Rumah Kemah Bela Negara Tingkat Sumbar

Mentawai, (Info Publik Solok) – Wakil Walikota Solok, Dr. H. Ramadhani Kirana Putra yang juga Ketua Kwarcab Pramuka Kota Solok Menghadiri Pembukaan Kemah Bela Negara tingkat Provinsi Tahun 2023 yang diselenggarakan di Tua Pejat Kabupaten Kepulauan Mentawai, Senin (13/11).

Turut Mendampingi Kepala Dinas Kominfo Kota Solok, Heppy Darmawan, SS,M.Si , Kasatpol PP Kota Solok, Zurkarnaini, AP, M.Si.

Pelaksanaan kegiatan KBN 2023 ini diselenggarakan selama 5 hari, mulai 11 sampai 15 November 2023 yang bertemakan, Bangga “Bangun Semangat Juang”.

Sebanyak 48 kontingen yang ikut dalam KBN 2023 terdiri dari 24 kontingen putra dan 24 kontingen putri yang beranggotakan 21 orang setiap kontingen. Antara lain,17 Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten/Kota se-Sumbar, 1 Kontingen dari tuan rumah (Mentawai) dan 6 Kwartir Ranting (Kwaran) dari Mentawai, serta ditambah dengan keikutsertaan peserta peninjau dengan biaya secara mandiri sebanyak lebih kurang 80 orang.

Ketua Kwarda 03 Sumatera Barat, Audy Joinaldy menyampaikan terima kasih kepada Kabupaten Kepulauan Mentawai yang telah bersedia menjadi tuan rumah dalam kegiatan Kemah Bela Negara yang pertama di Sumatera Barat tahun 2023.

“Mentawai ini satu-satunya daerah Kepulauan di Sumatera Barat yang memiliki wilayah paling luas. Tadi saya datang dengan menggunakan jet ski dari Kota Padang ke Mentawai dengan waktu tempuh selama 4 jam,”ungkap Audy Joinaldy.

“Karena sudah berada di Mentawai, pelajarilah budaya Mentawai. Ombak di Mentawai merupakan ombak yang terbaik di dunia internasional untuk surfing,” tambah Audy.

“Adik-adik pelajarilah kebudayaan Bumi Sikerei ini, Pramuka itu identik dengan kedisiplinan. Orang rajin mau belajar, menjaga pikiran, menjaga hati, Pramuka salah satu jalan yang menciptakan generasi tangguh, disiplin, generasi yang mau belajar untuk membangun bangsa dan negaranya, serta membangun persaudaraan,” papar Audy menyemangati kontingen gerakan pramuka.

Saat memberikan kata sambutan, Penjabat Bupati Kepulauan Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak mengucapkan selamat datang di Mentawai dan selamat menjalankan semua agenda kegiatan Kemah Bela Negara di Bumi Sikerei.

“Sebagai tuan rumah kami berupaya sebaik mungkin memberikan yang terbaik dengan harapan, semoga melalui Kemah Bela Negara ini dapat membangkitkan kembali semangat gerakan Pramuka di Sumatera Barat, khususnya Mentawai,” ujar Pj. Bupati dalam kata sambutannya.

“Selamat menikmati kuliner Mentawai dengan kearifan lokalnya, silahkan saksikan pagelaran seni dan budaya Mentawai,” ujar Fernando.

Kemah Bela Negara memiliki 3 kegiatan, seperti kegiatan umum, kegiatan khusus dan kegiatan lomba cerdas tangkas (LCT).

Kegiatan umum mencakup kegiatan bhakti (pemberian bantuan) kepada tempat ibadah (mesjid dan gereja), gotong royong membersihkan pantai, membersihkan sekolah, pengenalan beberapa tempat wisata, field trip (menjelajah hutan manggrove).

Kegiatan khusus mencakup penguatan pancasila dari Kesbangpol provinsi Sumbar dan pemantapan materi mitigasi bencana dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Lomba Cerdas Tangkas terbagi dalam 3 perlombaan, lomba PBB, lomba cerdas cermat dan lomba pionering (keterampilan dan kreasi).

Lomba PBB akan diikuti oleh seluruh kontingen, sedangkan lomba cerdas cermat diselenggarakan tanpa kontingen dari Kwarcab dan Kwarran dari Mentawai.Selanjutnya lomba pionering secara khusus hanya diikuti oleh 6 Kwarran yang ada di Mentawai.

“Kemah Bela Negara ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan rasa naisonalisme serta menjiwai pancasila,” ujar Joni Anwar yang juga merupakan pengurus andalan dari Kwarda 03 Sumbar.

Tags: , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan