Bundo Kanduang Gelar Kegiatan Tadabur Alam

Bundo Kanduang Gelar Kegiatan Tadabur Alam

Solok, (InfoPublikSolok) – Bundo Kanduang bukanlah istilah yang terbit begitu saja tanpa sebab atau latar belakangnya, hal ini sudah ada ratusan tahun yang lalu. Sejatinya setiap perempuan merupakan bundo kanduang yang memiliki arti ibu sejati.

Dalam tatanan masyarakat Minangkabau, Bundo Kanduang memiliki fungsi sebagai limpapeh rumah nan gadang atau sebagai tiang penyangga suatu rumah. Oleh karena itu bundo kanduang memegang posisi setral dan strategis dalam rumah tangga. Seiring dengan kian berkembangnya teknologi yang semakin menggerus nilai-nilai luhur lokal maka peran bundo kanduang sangat dituntut lebih.

Menyikapi kondisi yang ada ini, Bundo Kanduang Kota Solok melaksanakan kegiatan tadabur alam. Kegiatan yang dibuka secara resmi Minggu (7/4/2019) malam di Mifan Water Park Padang Panjang ini dilaksanakan selama dua hari (Minggu dan Senin). Pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pariwisata, Ratnawati, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang diwakili oleh Kasi Perlindungan Perempuan, Yon Maihendri.

Dalam laporannya, Ketua Bundo Kanduang Kota Solok, Sitta Novembra, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan Bundo Kanduang yang diikuti oleh 120 orang Bundo Kanduang dari kecamatan dan kelurahan se-Kota Solok.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk tausiah dan outbond, yang nantinya untuk menjadi bekal dalam membentuk karakter generasi penerus dan semakin meningkatkan kebersamaan antar sesama anggota Bundo Kanduang di Kota Solok,” kata Ketua Bundo Kanduang.

Sekretaris Dinas Pariwisata, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah sangat mendukung setiap kegiatan Bundo Kanduang yang memiliki banyak manfaat bagi masayarakat. “Bundo Kanduang adalah penjaga negeri, penjaga generasi dengan bekal ilmu dan pengetahuan agama yang dimilikinya namun tetap memegang teguh nilai adat dan budaya,” ungkap Ratnawati.

Pada kesempatan ini, Peserta yang hadir juga dihibur dengan penampilan Tari Katidiang dan Tari Mak Taci dari Bundo Kanduang Kecamatan Lubuk Sikarah dan Kecamatan Tanjung Harapan. Acara tersebut, diakhiri dengan Tausiah Agama yang disampaikan oleh Ustadz Diki Asnur. (sn)

Tags: , , , , , , , ,