Cabang Khat Bangkitkan Imajinasi dan Sentuhan Seni Kaligrafer

Cabang Khat Bangkitkan Imajinasi dan Sentuhan Seni Kaligrafer

Solok, (InfoPublikSolok) – Memasuki hari ketiga MTQ Nasional ke-38 Tingkat Provinsi Sumatera Barat, yang dilaksanakan di Kota Solok, sesuai jadwal yang telah ditetapkan sedang berlangsung perlombaan yang tersebar di 17 lokasi di Kota Solok.

Cabang Khat yang berlokasi di Gedung MTsN Kota Solok diikuti oleh 19 kafilah se-Sumatera Barat, Pada hari ini Minggu (16/6/2019) melombakan Khat Naskah (28 peserta) dan Khat Kontemporer diikuti oleh (27 peserta). Besok berlanjut, Hiasan Mushaf (30 peserta) dan dekorasi (26 peserta), seperti yang disampaikan oleh Ketua Majelis Dewan Hakim Cabang Khat, Ade Setiawan kepada IPS.

Dipaparkan oleh Ade, perlombaan dekorasi yang lebih banyak berperan adalah desain hiasan/ iluminasi, jadi imajinasi dari kaligrafer dalam memberikan sentuhan seni sangat berperan dominan untuk menjadikan dekorasi yang indah dan serasi.

“Keserasian dan keindahan mencakup bentuk, corak dan bunga-bunga, kaligrafer akan berusaha memadukan warna yang cocok agar terlihat rapi, lebih indah dan menarik. Kaligrafer akan berlomba dengan durasi waktu selama 8 jam,” jelasnya.

 

Ade menambahkan, yang perlu ditekankan dalam perlombaan MTQ cabang Khat Al Quran aspek penilaian utama adalah kaidah tulisan, kebenaran huruf dan keserasian. Begitu juga pada dekorasi, keindahan pola dan perpaduan warna dan hiasan-hiasan adalah pelengkap, sedangkan aspek penekanan penilaian adalah kaidah penulisan khat. Kaidah ini mencakup penilaian bentuk dan proporsi huruf, jarak spasi, letak huruf, keserasian dan komposisi antar huruf.

Juga dinilai keindahan khat dan hiasan yang digunakan. Selain merupakan sebuah golongan dalam perlombaan MTQ, dekorasi adalah bagian dari syiar/seni Islam yang dengan mudah kita temukan di hiasan-hiasan mimbar masjid dan tempat lain.

“Kita patut berterima kasih kepada Kaligrafer yang telah mengangkat seni Islam dan terus mengembangkan dan memperlombakannya hingga sekarang,” pungkasnya. (hd)

Tags: , ,