Camat Lubuk Sikarah Buka Musrenbang Kelurahan Sinapa Piliang Tahun 2019

Camat Lubuk Sikarah Buka Musrenbang Kelurahan Sinapa Piliang Tahun 2019

Solok, (InfoPublikSolok) – Camat Lubuk Sikarah, Novri Aprilizen, S.STP, Msi membuka pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan Sinapa Piliang di Aula Kantor setempat, Rabu (30/1/2019).

Kegiatan untuk menentukan arah dan tujuan pembangunan di Kelurahan itu dihadiri instansi terkait Bappeda, Dinas Perhubungan, Dinas pertanian, Dinas Perdagangan dan KUKM, Dinas Kesehatan, Dinas Perkim, Dinas Pariwisata, dan Dinas PU-PR, Lurah Sinapa Piliang, LPMK, Ketua RT/RW setempat serta undangan lainnya.

Camat Lubuk Sikarah Novri Aprilizen dalam pengarahannya mengatakan  kegiatan musrenbangkel dilaksanakan untuk menampung semua masukan dari masyarakat mengenai apa saja kebutuhan yang sangat prioritas, sebab saat ini pembangunan fisik melihat yang sangat urgen serta yang dibutuhkan masyarakat luas dimana kebutuhan tersebut dapat menunjang pembangunan di Kelurahan Sinapa Piliang.

Musrenbang Kelurahan merupakan proses musyawarah masyarakat tentang pembangunan di lingkungan Kelurahan yang dilaksanakan guna untuk mendapatkan suatu kesepakatan diantara masyarakat disetiap daerah yang akan diadakan pembangunan. Forum ini melibatkan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi, dalam proses pembangunan yang akan dilaksanakan tentang bagaimana yang seharusnya dilakukan pemerintah serta sebaliknya yang harus dilakukan masyarakat dalam pembangunan yang akan dilaksanakan. Sebab pembangunan itu adalah dari masyarakat untuk masyarakat,” tegas Camat lagi.

Sementara, Lurah Sinapa Piliang, Isnawati, S.Sos sambutannya menjelaskan dalam perencanaan pembangunan usulan dari masyarakat semuanya ditampung kemudian disaring dan melihat kegiatan yang sangat dibutuhkan, makanya pembangunan segala prioritas harus sejalan dengan visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota Solok yang telah tertuang dalam RPJMD. Sementara usulan yang telah tertampung itu nantinya  tetap dijadikan usulan. Jadi tidak semua aspirasi masyarakat dapat diakomodir karena melihat anggaran yang terbatas,”ujar Lurah.

Kesempatan itu,  Zahirman, SE selaku pembicara dari Bappeda mengatakan kalau bisa Pembangunan bidang ekonomi menjadi fokus dalam pembangunan di Kelurahan Sinapa Piliang yaitu ekonomi kerakyatan dan untuk bidang sosial budaya apabila ada usulan pengadaan harus disertai dengan proposal yang ditujukan pada Dinas/ OPD terkait. (ds)

Tags: , , , , ,