Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Cegah Bahaya Hipertensi, Dinkes Gelar Bimtek

Cegah Bahaya Hipertensi, Dinkes Gelar Bimtek

Solok, (InfoPublikSolok) – Untuk meningkatkan pengelolaan pelayanan kesehatan terhadap penderita hipertensi, perlu adanya peningkatan pengetahuan dan kapasitas sumber daya manusia yang profesional dalam pengendalian penyakit tersebut.

Dinas Kesehatan Kota Solok melaksanakan Bimbingan Teknis Tatalaksana Hipertensi bagi Petugas Kesehatan dalam melaksanakan Deteksi Dini Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular di Aula Dinas Kesehatan (dr. Umar Ismail Rivai, M.Kes) pada Jumat, 24 November 2023.

Bimtek ini diikuti oleh 38 orang peserta yang terdiri dari Dokter Umum, Pemegang Program Hipertensi Puskesmas, Petugas Pustu dan Poskeskel yang ada di Kota Solok.

dr. Hiddayaturrahmi, M.Kes selaku Kabid P3PL Dinas kesehatan Kota Solok membuka Bimtek dengan didampingi oleh Sub Koordinator PTM Ns. Jalisnawati, S.Kep.

Hiddayaturrahmi menyampaikan dalam pembukaannya bahwa Hipertensi merupakan penyakit tidak menular pada sistem kardiovaskular yang banyak terjadi dan terus mengalami peningkatan tiap tahunnya.

“Seringkali penderita Hipertensi tidak mengetahui bahwa dirinya menderita penyakit tersebut. Hipertensi apabila tidak terkontrol maka akan berakibat komplikasi penyakit bahkan kematian. Untuk itu peserta bimtek diharapkan mengikuti kegiatan ini dengan baik agar setiap penderita hipertensi berhak mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar sebagai upaya pencegahan sekunder,” tutur Hiddayaturrahmi.

Sasaran dalam pelayanan kesehatan yang sesuai standar adalah penderita Hipertensi usia lebih kurang 15 tahun. Pendataan dan skrining adalah kegiatan yang dilakukan oleh FKTP dalam pengendalian penyakit hipertensi sebelum dilakukan rujukan ke FKRTL untuk pencegahan komplikasi.

Kegiatan ini mendatangkan Narasumber Ahli dari Ketua PDUI Cabang Sumatera Barat dr. H. Syafruddin, MARS.

Syafruddin mengatakan bahwa hanya 3 dari 10 penderita Hipertensi dan DM yang terdeteksi, selebihnya tidak mengetahui bahwa dirinya sakit karena tidak ada gejala dan tanda sampai terjadi komplikasi. Dari 3 penderita tersebut hanya 1 orang yang berobat rutin.

“Karakteristik PTM tidak melalui rantai penularan tertentu, masa inkubasi PTM juga panjang, kesulitan mendiagnosis, dan berlangsungnya penyakit berlarut-larut, serta penanggulangan biaya PTM juga tinggi,” tutur Syafruddin.

Tujuan dari bimtek ini agar peserta tahu permasalahan dan penanganan terpadu PTM terutama penyakit Hipertensi. Dan juga tercapainya Standar Pelayanan Minimal (SPM) pada pelayanan Kesehatan bagi penderita Hipertensi.(Ya/Ndy).

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan