Cegah Covid-19, Dinas Kesehatan Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Cegah Covid-19, Dinas Kesehatan Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Kesehatan terus melakukan mitigasi sebagai upaya pencegahan terjadinya penyebaran virus corona, salah satunya dengan melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan dan fasilitas kerja, serta menggalakkan pola hidup sehat sebagai salah satu upaya mencegah penularan virus tersebut. Sebelumnya rapat koordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forpimda), Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan stakeholder terkait di lingkungan Pemko Solok sudah dilakukan beberapa kali dalam penanganan kasus ini. Untuk itu, Dinas Kesehatan Kota Solok melakukan penyemprotan disinfektan guna mencegah penyebaran virus corona (covid-19), Jum’at (20/03).

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Ambun Kadri mengatakan, “Diharapkan kepada masyarakat untuk tidak merasa panik, untuk mengantisipasi kasus ini agar melakukan tindakan preventif dan promotif seperti isitirahat yang cukup, konsumsi makanan yang bergizi seimbang, rajin berolahraga, sering mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, serta membudayakan pola hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

Dinas Kesehatan bersama pihak RSUD dan Puskesmas yang ada di Kota Solok juga melakukan upaya untuk mengantisipasi virus corona ini dengan membuka call center PSC 119 yang dibuka 24 jam. Jika ada masyarakat yang terduga terkena virus corona untuk menelpon call center 119 agar melakukan rujukan kerumah sakit yang telah ditunjuk sebagai Rumah Sakit Rujukan kasus virus corona.

Dinas kesehatan beserta lintas sektor siap untuk mengantisipasi kasus ini dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan membuat alur penanganan virus corona dan melakukan aksi bersama membersihkan tempat-tempat pelayanan publik, seperti kantor, sekolah, rumah ibadah dan pelayanan umum lainnya dengan cara melakukan penyemprotan desinfektan. (es)

Tags: , , , , , , , , ,