Cegah Korupsi, Pemerintah Kota Solok lakukan Pencanangan Zona Integritas

Cegah Korupsi, Pemerintah Kota Solok lakukan Pencanangan Zona Integritas

Solok, (InfoPublikSolok)Pemerintah Kota Solok melakukan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Pemerintah Kota Solok, bertempat di lobi lantai 2 Balaikota Solok, Senin (17/6/2019) siang.

Dalam acara yang mengambil tema ‘Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani’ ini, hadir Walikota Solok Zul Elfian, Inspektur Provinsi Sumatera Barat mewakili Gubernur Sumatera Barat, Forkopimda Kota Solok, unsur pimpinan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sumbar, seluruh kepala Perangkat Daerah se-Kota Solok, LKAAM, Bundo Kandung serta Asosiasi LPMK Kota Solok.

Dalam pencanangan ini, Walikota Solok serta seluruh Kepala Perangkat Daerah melakukan penandatanganan Piagam Pencanangan Zona Integritas, dengan disaksikan oleh LKAAM Kota Solok, Bundo Kanduang serta Asosiasi LPMK Kota Solok. Hal ini sebagai bukti komitmen keseriusan Pemerintah Kota Solok melalui seluruh OPD di Kota Solok untuk bersih dari korupsi dan fokus pada melayani masyarakat. Selain itu, dilakukan pula penyematan pin Zona Integritas secara simbolis oleh Walikota Solok kepada Kepala Dinas PPPA Kota Solok dan Kepala BKPSDM.

Dalam sambutannya, Walikota Solok berharap acara ini tidak sekedar acara seremonial, namun menjadi awal komitmen seluruh unsur pemerintahan Kota Solok terkait pencegahan dan penanggulangan korupsi di Kota Solok. “Semoga acara ini diberkahi, dan bisa diimplementasikan dalam aksi nyata,” harap Zul Elfian.

“Pakta Integritas ini harap diperbanyak di ruang kerja masing-masing supaya setiap hari bisa dibaca,” tambahnya.

Plt. Inspektur Kota Solok, Drs. Nova Elfino, dalam laporannya menyampaikan bahwa Pencanangan Zona Integritas ini merupakan salah satu rangkaian panjang dari kegiatan-kegiatan yang telah lama dilaksanakan. Mulai dari penunjukan Perangkat Daerah sebagai pilot project sampai Bimtek terkait penguatan Zona Integritas. Tujuan dari acara ini adalah dalam rangka mewujudkan pelayanan masyarakat yang prima dan terhindar dari korupsi.

Selain itu, dalam acara ini diserahkan pula secara langsung buku berjudul “Membangun Zona Integritas. Tantangan dan Peluang Menuju Polri yang Dicintai Masyarakat” oleh Kapolres Solok Kota, AKBP. Dony Setiawan, S.IK, MH kepada Walikota Solok. Hal ini sebagai wujud nyata dukungan Polri dalam mewujudkan pelaksanaan pemerintahan Kota Solok yang bebas dari korupsi dan melayani. (td)

Tags: , ,