Cegah Penyebaran Covid-19, Tim Relawan Kota Solok Rutin Lakukan Penyemprotan

Cegah Penyebaran Covid-19, Tim Relawan Kota Solok Rutin Lakukan Penyemprotan

Solok, (InfoPublikSolok) – Selama pandemi corona virus disease-2019 ( Covid-19 ) Tim relawan gabungan pencegahan dan penanggulangan covid-19 Kota Solok tetap melakukan rutinitas penyemprotan ke lingkungan warga dan fasiltas umum.

Tim relawan yang melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah kota solok ini adalah tim relawan yang tergabung dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, POLRI, Palang Merah Indonesia (PMI), Wahana Muda Indonesia (WMI), HMI, Pramuka Peduli dan petugas Pemadam Kebakaran (DAMKAR) Kota Solok.

Penanggung Jawab relawan penyemprotan ini berasal dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok.  Koordinator Penyemprotan Disenfektan, Fera Zuana  menjelaskan “sejak terbentuknya relawan dua bulan ke belakang, kami telah melakukan penyemprotan cairan disenfektan ke ribuan titik di Kota Solok, beberapa lokasi itu diantaranya fasilitas umum seperti sarana ibadah ( Masjid/Mushalla ), Pasar, Terminal dan lokasi lainnya di perumahan warga”.

Selama bulan puasa ini Tim telah melakukan penyemprotan di beberapa titik di Pasar Raya, di Masjid-masjid yang ada di Kota Solok dan terminal angkutan umum. Tim juga melakukan penyemprotan di rumah warga yang berstatus Orang dalam pengawasan (ODP). Penyemprotan ini direncanakan akan terus dilakukan sampai pandemi covid-19 berakhir, dan diumumkan secara resmi oleh pemerintah.

Selain melakukan penyemprotan disenfektan, relawan gabungan ini juga ikut mensosialisasikan dan memberikan edukasi tentang pencegahan penyebaran Covid-19 yang harus di ikuti masyarakat. Seperti menyampaikan himbauan kepada warga tentang larangan berkerumunan, rajin mencuci tangan dengan sabun, dan tetap menggunakan masker saat ke luar rumah.

Salah seorang pedagang di Pasar raya yang diwawancarai pada sabtu ( 16/05/2020 ) Ibu Anne, menyampaikan ucapan terima kasih kepada relawan-relawan Kota Solok, yang sudah menyemprot kios-kios tempatnya berdagang, dan memberikan edukasi kepada pedagang tentang protokol pencegahan penyebaran Covid-19, sehingga mereka bisa menerapkan pola hidup bersih dan sehat di pasar maupun di rumah. (vpu)

Tags: , , , , , , ,