Cegah Stunting dengan Optimalisasi 1000 Hari Pertama Kelahiran

Cegah Stunting dengan Optimalisasi 1000 Hari Pertama Kelahiran

Solok, (InfoPublikSolok) – Kelurahan Nan Balimo berkesempatan menyelenggarakan penyuluhan optimalisasi 1000 hari pertama kelahiran sebagai upaya pencegahan stunting (kurang gizi kronis).

Pelaksanaan penyuluhan ini merupakan implementasi program pemerintah tentang peningkatan mutu kesehatan. Menghadirkan Narasumber Dokter Spesialis Anak RS M. Natsir, Dr. Fetri Faisal serta Aprinur Azwira dan Irma Ratna Armeida dari Dinas Kesehatan Kota Solok, bertempat di Aula Kelurahan Nan Balimo, Kamis (25/7).

Acara ini merupakan lanjutan dari acara sebelumnya yang juga pernah diadakan oleh Kelurahan Nan Balimo. Dalam sambutannya Sekretaris Kelurahan Nan Balimo mengatakan sangat mendukung dengan kegiatan ini karena angka Stunting di kota solok termasuk besar di Sumatera Barat, Selain itu, Ketua LPMK Kelurahan Nan Balimo juga berharap agar masyarakat yang hadir pada acara ini dapat membagikan ilmu yang diperoleh kepada masyarakat lain yang tidak mengikuti.

Dr. Fetri Faisal menyampaikan stunting disebabkan oleh kekurangan gizi dikarenakan asupan kurang serta anak sering sakit-sakitan sehingga mengganggu pertumbuhannya.

“Akibat stunting ini ada jangka pendek yaitu anak mengalami IQ yang rendah, sistem kekebalan tubuh yang lemah, serta gangguan perkembangan otak anak. Untuk jangka panjang yaitu anak menjadi tidak produktif, bertubuh kecil, beresiko terkena diabetes dan kanker, hingga kematian dini,” tuturnya.

Sementara itu, Aprinur Azwira selaku Kasi Kesga dan Gizi Masyarakat menyampaikan bahwa ada program Dinas Kesehatan yang disebut P4K (Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi). Data dari SDKI 2012 mengatakan kondisi kesehatan ibu dan anak Indonesia masih sangat genting dan perlu perhatian khusus. Kematian ibu dan anak lebih banyak pada saat kehamilan dibandingkan dengan pada saat kelahiran.

Irma Ratna Armeida sebagai narasumber ketiga menyampaikan agar apabila telah terlihat gejala-gejala yang membahayakan bagi ibu dan bayi, agar segera datang ke posko kesehatan terdekat untuk menghindari kematian ibu dan bayi. Ia juga mengatakan bahwa penyebab stunting adalah kurangnya asupan makanan yang dibutuhkan anak seperti makanan 4 sehat 5 sempurna serta adanya penyakit infeksi pada anak.

Acara dihadiri oleh Pengurus LPMK Nan Balimo, ketua RT dan RW, Kader KB, Kader PKK serta tokoh masyarakat Kelurahan Nan Balimo. (cps)

Tags: , , ,