Cerita Sang Juara Cabang Bergengsi: Nofriyon Bawa Pulang Juara I Tilawah Dewasa

Cerita Sang Juara Cabang Bergengsi: Nofriyon Bawa Pulang Juara I Tilawah Dewasa

Solok, (InfoPublikSolok) – Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar, SH, M.Si tampak begitu bahagia saat menyambut secara resmi kafilah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXXIX beserta 54 pelatih dan official Kota Solok di Balairung 99 pada Sabtu (20/11/2021) pagi, setelah penutupan resmi MTQ Nasional ke-39 Tingkat Provinsi Sumbar di Padang Panjang yang berlangsung pada Jumat kemarin.

Sosok Nofriyon, S.Iq, S.Th.I merupakan seorang Imam di Masjid Agung Al-Muhsinin Kota Solok berhasil mengharumkan nama Kota Solok dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-39 Tingkat Provinsi Sumbar kali ini. Pada cabang yang cukup bergengsi dengan membawa pulang juara I cabang Tilawah Dewasa Putra.

Dalam wawancara yang dilakukan oleh tim IPS, Pria kelahiran tahun 1991 ini mengaku sangat tertekan dan gugup sekali pada saat dirinya mengikuti lomba MTQ Nasional ke-39 Tingkat Provinsi Sumbar ini. “Pada MTQ ini banyak sekali saingan yang sangat hebat dan merekapun juga ada yang pernah meraih juara pada tingkat nasional jadi rasanya itu tertekan sekali serta cukup gugup,” ujar sang juara ini.

Meskipun merasa gugup dan tertekan, Nofriyon tetap sukses memberikan yang terbaik dan berhasil menunjukkan kemampuannya di hadapan dewan juri hingga meraih kemenangan. Sebelumnya Nofriyon juga pernah mengikuti lomba MTQ dan sudah akrab dengan yang namanya kekalahan.

“Adapun menang tapi hanya sebagai harapan bukan juara, semua kekalahan itu jadi semacam cambuk untuk saya untuk tetap terus berusaha dan giat, jadi waktu pengumuman juara cabang tilawah dewasa untuk putra saya langsung kaget dan terharu bisa dapat juara I ini semua berkat usaha dan doa serta dukungan semua pihak,“ ujarnya sembari terharu bahagia.

Selanjutnya Nofriyon mengatakan akan lebih mempersiapkan dirinya dengan ekstra berlatih dan giat lagi dari sebelumnya guna mempersiapkan dirinya sebagai perwakilan provinsi ke MTQ Nasional karena pada level nasional tentu levelnya jauh beda dengan tingkat provinsi.

Pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-39 Tingkat Provinsi Sumbar, Kota solok berhasil berada di rangking 10 besar dengan poin 25 dan ada sembilan cabang yang masuk final dari 35 cabang.

Selain Nofriyon, Qori andalan Kota Solok lainnya cabang Tilawah Kanak-Kanak atas nama Muhammad Iqbal dan cabang Tafsir Quran Bahasa Indonesia, Mufassir atas nama Ariqul Jetson Marsa, masing-masing juga berhasil meraih Terbaik I. Para pemenang terbaik I di setiap cabang lomba akan diberikan hadiah sebesar Rp.40 juta untuk kategori perorangan. Sementara untuk kategori kelompok sebesar Rp.60 juta.

Hafidz Kota Solok atas nama Afdal Zikri berhasil menjadi terbaik II dari Cabang lomba Hifzhil Quran golongan lomba Tahfidz 5 Juz Non Tilawah Putra.

Kemudian Terbaik III diraih oleh Sirajul Uhad dari cabang Qira’at Murattal Remaja, M. Harun Arrasyid pada cabang Tafsir Quran Bahasa Arab, Rusdianto pada cabang Bintang Qasidah Dewasa Putra dan  M. Raihan Qowima & Jihan Amirul Mukminin pada cabang Khutbah Jumat.

Selanjutnya untuk juara harapan I diraih mufassir atas nama Zahara cabang Tafsir Quran Bahasa Indonesia Putri, Wahid Husnul Khalik pada cabang Tartil Menengah Putra dan harapan II diraih oleh Qoriah atas nama Lathifah Az Zahra cabang Qira’at Murattal Remaja Putri serta untuk Harapan III diraih Rahmat Zhuhri pada cabang Hifzhil Quran golongan 10 Juz Putra dan Attahyatul S, Azizah PR dan Maharani AB dari cabang Shahril Quran Putri. (eg/rif)

Reporter : Rafika Indriani Fajrin
Redaktur : Beny Junaidi

Tags: , , ,