Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Curah Hujan Tinggi Akibatkan Beberapa Lokasi di Kota Solok Tergenang Air

Curah Hujan Tinggi Akibatkan Beberapa Lokasi di Kota Solok Tergenang Air

Solok, (InfoPublikSolok) – Curah hujan tinggi disertai angin kencang yang terjadi pada tanggal 9 dan 10 Februari 2019 di beberapa daerah di Sumatera Barat telah mengakibatkan beberapa tempat di Kota Solok tergenang air. Beberapa tempat yang terkena genangan air diantaranya Simpang Rumbio dan Sawah Piai, Tanah Garam. Genangan air mengakibatkan terjadinya kemacetan lalu lintas dan genangan di beberapa rumah warga.

Saat kejadian Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah, (TRC BPBD) Kota Solok langsung turun ke lokasi kejadian untuk melaksanakan evakuasi warga yang rumahnya terdampak genangan air.

Peningkatan debit air diakibatkan karena penyempitan saluran drainase akibat adanya penyumbatan yang disebabkan oleh sampah-sampah yang menumpuk di dalam gorong-gorong. Penyebab lainnya yaitu pendangkalan yang terjadi  akibat tumpukan sedimen pada saluran drainase.

Saluran drainase yang pada awalnya sedalam 1,5 meter sekarang hanya menjadi 0.5 meter karena tumpukan sedimen sudah mencapai 1 meter. Hal ini mengakibatkan air yang masuk ke saluran drainase mudah meluap. Luapan air yang diakibatkan curah hujan yang tinggi mengakibatkan beberapa rumah warga tergenang.

Pasca terjadinya genangan air Kalaksa BPBD Kota Solok, Kenfilka, SH, MH beserta jajarannya langsung turun ke lokasi terdampak genangan air. Dalam hal ini Kalaksa BPBD juga mengunjungi rumah warga yang terkena genangan air.

Warga masyarakat berharap adanya bantuan upaya untuk melakukan pengerukan tumpukan sedimen pada drainase dan pengerukan pada gorong-gorong yang tersumbat sampah. Agar ketika adanya curah hujan yang tinggi tidak terjadi lagi genangan air yang dapat merugikan masyarakat sekitar. Harapan ini disampaiakan kepada pemerintah daerah Kota Solok agar kenyamanan masyarakat dapat terwujud. (aw)

Tags: , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.