BPBD Imbau Warga Waspadai Potensi Angin Kencang dan Pohon Tumbang

BPBD Imbau Warga Waspadai Potensi Angin Kencang dan Pohon Tumbang

Solok, (InfoPublikSolok) – Curah hujan tinggi disertai angin kencang yang terjadi selama sepekan ini di Kota Solok dan sekitarnya telah mengakibatkan adanya beberapa pohon yang tumbang.

Angin kencang telah mengakibatkan terjadinya pohon tumbang di beberapa tempat, yaitu Koto Panjang, Banda Panduang dan Sinapa Piliang.

Hujan dan angin kencang pada hari Minggu (24/3/2019) siang, membuat beberapa pohon yang tumbang menimpa rumah warga dan memutus akses jalan ke perumahan serta memutus aliran listrik ke rumah warga.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok menerima laporan pohon tumbang dari warga dan langsung turun ke lokasi kejadian untuk melakukan tindakan pemotongan pohon. Untuk pohon tumbang yang menimpa kebel listrik langsung dilaporkan ke kantor PLN dan dilakukan pemutusan aliran listrik.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Solok, Kenfilka, SH, MH mengimbau warga Kota Solok untuk selalu waspada dan siaga dalam kondisi apapun. Mengingat akhir-akhir ini Kota Solok sering dilanda hujan deras dan angin kencang.

Dikatakan, Peristiwa pohon tumbang yang kerap terjadi saat musim hujan dapat diantisipasi dengan langkah melakukan pemangkasan pohon untuk mengurangi beban pohon. Pohon yang dipangkas adalah pohon yang sudah terlalu lebat dan berpotensi tumbang.

Kenfilka juga meminta warga untuk turut aktif melapor apabila melihat pohon yang berpotensi tumbang, seperti mengalami keropos atau miring. Menurutnya, laporan tersebut akan memudahkan petugas terkait untuk melakukan langkah antisipasi.

“Bagi warga Kota Solok diharapkan untuk selalu waspada dan jika terjadi bencana agar segera melaporkan ke tim TRC (Tim Reaksi Cepat) BPBD Kota Solok untuk segera dilakukan tindakan pertama,” ajaknya. (aw)

Tags: , , , ,