Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Dekranasda Kota Solok Juara Harapan I Lomba Rancang Busana Muslimah Tingkat Provinsi

Dekranasda Kota Solok Juara Harapan I Lomba Rancang Busana Muslimah Tingkat Provinsi

Padang, (InfoPublikSolok) – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Solok berhasil menorehkan prestasi juara Harapan I dalam ajang Lomba Rancang Busana Muslimah yang diselenggarakan oleh Dekranasda Provinsi Sumatera Barat.

Dalam hal ini, Dekranasda Kota Solok di bawah binaan Ketua Dekranasda Kota Solok, Ny. Zulmiyetti Zul Elfian bersama Pengurus Dekranasda, Yenni Permata Sari merancang busana muslimah dengan mengangkat Tenun Motif Bunga Krisan yang menonjolkan keindahan serta filosofi romantisme atau bunga cinta mendalam dari bunga tersebut.

Sebagaimana motif ini lahir di Kota Solok, telah mendapat hak cipta/ hak paten motif bunga krisan dari Kementerian Hukum dan HAM RI dengan nomor pencatatan 000170050 pada tanggal 12 Desember 2019 dengan pemegang hak cipta Dewi Edriyani, penenun Kota Solok.

Sebelumnya, lomba ini dibuka oleh Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat Umi Harneli Mahyeldi di Gedung Dekranasda Provinsi Sumbar, Rabu (25/10). Umi Harneli mengatakan, tujuan diadakannya lomba ini untuk mencari bakat-bakat desainer di Kabupaten dan Kota se-Sumatera Barat.

Bahkan lomba yang mengangkat tema “Warisan Budaya Minangkabau” ini menjadi ajang bagi desainer se-Sumatera Barat dalam mengasah bakat dan potensi desainer dibidang fashion. “Maka dengan adanya ajang ini, Kabupaten Kota dan Provinsi Sumatera Barat tidak kekurangan desainer,” ucapnya.

Ketua Dekranasda Kota Solok, Ny. Zulmiyetti Zul Elfian mengucapkan terimakasih kepada semua rekan yang terlibat terutama pengerajin dan pengurus Dekranasda yang bersinergi dalam melahirkan desain busana muslimah bunga krisan ini.

“Saya sangat senang dan bangga hasil kerja keras berbuah manis, dengan mendapat juara harapan 1 dalam perlombaan tersebut . ke depannya kita akan lebih menggali lagi motif serta potensi Kota Solok diaplikasikan ke sebuah karya agar lebih dikenali masyarakat luas,” ungkapnya.

Adapun pemenang Lomba Rancang Busana Muslimah, juara pertama Dekranasda Kota Payakumbuh, Runner up Dekranasda Kabupaten Solok Selatan, Juara Tiga Dekranasda Kabupaten 50 Kota, Harapan I Dekranasda Kota Solok, Harapan II Dekranasda Kota Sawahlunto dan Harapan III Dekranasda Kabupaten Solok. (ro/re)

Tags: , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan