Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Desa Tangguh Bencana, Kelurahan IX Korong Gelar Pertemuan dengan Relawan

Desa Tangguh Bencana, Kelurahan IX Korong Gelar Pertemuan dengan Relawan

Solok, (InfoPublikSolok) – Kelurahan Tangguh bencana IX Korong mengadakan pertemuan bulanan Desa Tangguh Bencana (Destana) di aula Kantor Lurah IX Korong, Selasa (29/11/2022) diikuti oleh relawan Destana Kelurahan IX Korong sebanyak 25 orang.

Pertemuan ini dihadiri Camat Lubuk Sikarah, Feri Handria Anggota DPRD Kota Solok, Hendra Saputra, TRC Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Solok yang diwakili oleh Angga Astudian mengatakan program Destana dari BPBD provinsi saat ini baru menjangkau dua kelurahan yaitu IX Korong dan Tanah Garam.

Angga berharap pada program selanjutnya bisa dimaksimalkan dengan data karena segala tindakan apabila terjadi bencana sumbernya adalah data, dan juga untuk peringatan dini jika tidak ada sirine peringatan dini minimal dihimbau melalui pengeras masjid dan mushalla yang ada di Kelurahan IX Korong.

Pada kesempatan ini, Wali Nagari Muaro Panas, Kabupaten Solok beserta perangkatnya turut menghadiri pertemuan bulanan Destana IX Korong ini dalam rangka koordinasi dalam hal penanggulangan bencana. \

Dalam hal ini, Wali Nagari Muara Panas menyampaikan perlunya menjaga kewaspadaan bencana terutama bencana banjir yang sewaktu-waktu dapat melanda Kota Solok yang berada dilalui oleh aliran sungai.

“Dalam antisipasi bencana banjir kami mengerahkan semua potensi yang ada di Nagari, dan berharap agar komunikasi dalam hal kebencanaan tetap terjalin dengan baik. Apabila ada perubahan debit air sungai akan segera diinformasikan kepada Lurah IX Korong,” ungkapnya.

Anggota DPRD Kota Solok, Hendra Saputra selaku Ketua Forum PRB (Pengurangan Risiko Bencana) Kota Solok mengapresiasi Lurah IX Korong atas inovasinya dalam kegiatan Desa Tangguh Bencana di Kelurahan IX Korong.

Hendra Saputra menjelaskan PRB merupakan forum lintas organisasai kemasyarakatan yang sangat peduli dalam bencana, di dalamnya tergabung aktifis penanggulangan bencana di Kota Solok, meliputi TRC BPBD, Pramuka Peduli, Tagana, WMI, awak media, yang bertujuan untuk merumuskan strategi atau kebijakan yang akan diambil apabila ada bencana di Kota Solok.

Tags: ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.