Desain Kemasan Produk Upaya Menarik Konsumen

Desain Kemasan Produk Upaya Menarik Konsumen

Solok, (InfoPublikSolok) – Desain produk atau mungkin yang lebih dikenal secara umum dengan desain kemasan merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh para produsen. Desain produk juga memiliki manfaat yang cukup banyak yang mungkin belum dipahami oleh banyak orang.

Manfaat tersebut antara lain adalah dapat membuat produk yang dijual lebih menarik dan unik, menjadi ciri khas tersendiri terhadap suatu produk serta secara tidak langsung dalam desain produk yang dibuat tersirat pesan-pesan yang disampaikan pada konsumen.

Bagi pelaku usaha kecil dan menengah, desain produk masih termasuk hal yang selama ini masih agak terabaikan. Kurangnya pemahaman tentang pentingnya desain produk bagi kemajuan usaha menjadi salah satu faktor kenapa industri kecil ini kalah bersaing di pasar.

Dinas Pariwisata Kota Solok terus berupaya untuk memberikan pemahaman dan pentingnya desain produk ini dengan pelaksanaaan Bimbingan Teknis Desain Produk bagi pelaku usaha ekonomi kreatif. Bimtek yang dilaksanakan Kamis (28/3/2019) di Agrowisata Sawah Solok ini diikuti oleh 20 orang pelaku usaha yang ada di Kota Solok.

Pada kesempatan ini juga dihadiri oleh Nara sumber San Ahdi, S.Sn. M.Ds dari UNP Padang dan Syawlani Affandi, S.Sn dari Dinas Koperasi UKM dan Perindag Kabupaten Solok.

Dalam laporan panitia, Kasi Industri Kreatif dan Pelayanan Jasa Usaha, Patrisia Juwita menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan ini untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan para pelaku usaha dalam hal desain produk.

Bimtek ini dibuka oleh Kabid Jasa Usaha dan Industri Kreatif Dinas Pariwisata Kota Solok, Drs. Doriswelly, M.Si. Dalam sambutannya Doriswelly menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini memiliki nilai manfaat yang sangat besar bagi perkembangan industri kreatif di Kota Solok.

“Setiap pelaku usaha, harus bisa membuat desain produk yang menarik dan menonjolkan ciri khas Kota Solok. Sehingga disaat orang melihat produk kita mereka bisa langsung mengenali bahwa produk ini adalah milik Kota Solok,” harapnya. (sn)

Tags: , , ,