Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Dibuka Wamenaker RI, Job Fair Kota Solok Hadirkan 88 Perusahaan

Dibuka Wamenaker RI, Job Fair Kota Solok Hadirkan 88 Perusahaan

Solok, (InfoPublikSolok) – Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wawenaker) RI, Afriansyah Noor secara resmi membuka Job Fair Kota Solok tahun 2023 di Gedung Kubuang Tigo Baleh, Kota Solok, Senin (4/12).

Job fair adalah sebuah acara di mana berbagai perusahaan datang untuk mencari calon karyawan potensial, terutama fresh graduate untuk bertemu langsung dengan perwakilan perusahaan, mengajukan lamaran pekerjaan.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Solok, Elvi Basri melaporkan sebanyak 88 perusahaan ikut ambil bagian dalam Job Fair di Kota Solok yang digelar secara hybrid (virtual dan on the spot) selama dua hari (4 & 5 Desember 2023).

Setidaknya, tersedia 252 jenis lowongan kerja dengan total 2.130 orang pekerja dengan bidang kerja seperti perhotelan, finance, perbankan, retail, otomotif, internet service, jasa ekspedisi, kuliner, P3MI, LPK, pemagangan ke jepang dan lain sebagainya.

Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar, mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Kementerian Ketenagakerjaan RI yang telah memilih Kota Solok sebagai salah satu tempat penyelenggara Job Fair.

“Semoga dengan digelarnya Job Fair akan betul-betul bermanfaat dan mempertemukan langsung pencari kerja dengan perusahaan. Pertumbuhan angkatan kerja kita akui sangat cepat, namun lapangan kerja masih terbatas. Untuk itu, kita sangat mendukung Kementerian Ketenagakerjaan RI yang terus berupaya mencarikan solusi lapangan kerja khususnya di Kota Solok dan sekitarnya.

Wawenaker RI, Afriansyah Noor dalam sambutannya berharap Job Fair ini dapat memberikan manfaat yang maksimal, sehingga dapat memangkas angka pengangguran dan perekonomian Kota Solok yang berpenduduk hampir 80.000 jiwa ini semakin membaik ke depannya.

“Terimakasih kepada Pemko Solok, pimpinan atau HRD perusahaan yang telah bersedia bekerjasama membuka lowongan pekerjaan dalam Job Fair kali ini. Di sisi lain, para angkatan kerja harus selalu meningkatkan kompetensi sehingga tidak hanya bisa bekerja di dalam, namun juga luar negeri yang sangat membutuhkan tenaga kerja terampil,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Wamenaker RI menyerahkan penghargaan kepada perusahaan yang sadar akan kepedulian dan keterbukaan rekrutmen terhadap penyandang disabilitas. Adapun perusahaan yang mendapat penghargaan adalah PT. Fifatel Perdana, FIF Cabang Solok dan CV. Sahabat Motor.

Selanjutnya, Wamenaker RI dan rombongan bersama Wali Kota Solok mengunjungi dan menyapa stand-stand perusahaan peserta Job Fair Kota Solok 2023.

Tidak hanya menyediakan berbagai informasi lowongan pekerjaan, Job Fair Hybrid Kota Solok 2023 juga dilengkapi dengan tiga sesi talk show interaktif terkait ketenagakerjaan yang dapat diikuti oleh seluruh peserta job fair, serta juga hadir pameran stand UMKM dan ekonomi kreatif Kota Solok.

Pada hari pertama, sesi talk show menghadirkan pembicara Kepala Disnakertrans Provinsi Sumbar, Kepala Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Padang, Kepala Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Sumbar, Kepala Pusat Pasar Kerja Kemenaker RI, dan content creator Uda Rio. (dd/r).

Tags: ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan