Dinas Kesehatan Adakan Kegiatan Persami Saka Bakti Husada

Dinas Kesehatan Adakan Kegiatan Persami Saka Bakti Husada

Padang Panjang, (InfoPublikSolok) – Dinas Kesehatan mengadakan kegiatan Persami Saka Bakti Husada (SBH) selama dua hari (27 s/d 28 Juli 2019) di Mifan Water Park & Resort.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan dalam hal ini diwakili oleh Kabid PPSDK, dr. Hiddayaturrahmi, M.Kes dan Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Niko Rianda Putra, MKM beserta Krida Saka Bakti Husada yang terdiri dari Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Bina Keluarga sehat, Krida Bina Gizi, Krida Penanggulangan Penyakit, Krida Bina Obat, Krida Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Saka Bhakti Husada adalah wadah pengembangan pengetahuan pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan. Saka Bhakti Husada sebagai bagian dari Gerakan Pramuka yang membina generasi muda melalui kegiatan kepramukaan selalu memperbaharui materi Krida dan Kecakapan Khusus (SKK) merupakan standarisasi keterampilan dalam Gerakan Pramuka, dan Pramuka yang berhasil menempuh keterampilan tertentu kemudian diberikan Tanda Kecakapan Khusus (KK) sebagai pengakuan bahwa yang bersangkutan terampil sesuai kecakapan khusus yang dipelajarinya.

Satuan Karya Pramuka disingkat Saka yaitu wadah pendidikan dan pembinaan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan menambah pengalaman para Pramuka Penegak dan Pandega dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan. Satuan Karya Pramuka Bakti Husada yaitu salah satu jenis Satuan Karya Pramuka yang merupakan wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang kesehatan yang dapat diterapkan pada diri, keluarga, lingkungan dan mengembangkan lapangan pekerjaan di bidang kewirausahaan.

Tujuannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman dalam bidang kesehatan, khususnya tentang lingkungan sehat , keluarga sehat, penanggulangan penyakit, gizi, obat dan perilaku hidup bersih dan sehat. serta menjadi sarana anggotanya dalam mendarmabaktikan pengetahuan dan keterampilannya untuk mengabdi pada masyarakat, bangsa dan negara.

Dalam sambutannya, Kabid PPSDK dr. Hiddayaturrahmi, M.Kes mengatakan bahwa SBH diadakan agar dapat menjadi sarana pendidikan dan pembinaan bagi para Pramuka Penegak dan Pandega untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan dan pengalaman dalam bidang kesehatan yang dapat menjadi bekal bagi kehidupan dan penghidupannya untuk mengabdi pada masyarakat, bangsa dan negara.

Lebih lanjut, dr. Hiddayaturrahmi, M.Kes mengatakan kegiatan pengembangan dan pembinaan Saka Bhakti Husada bagi siswa di sekolah sebagai salah satu kegiatan Satuan Karya Bhakti Husada diharapkan dapat menjadi salah satu wadah pembinaan adalah Satuan Karya Pramuka Bakti Husada (SBH) yang bergerak dibidang kesehatan.

“Melalui SBH diharapkan dapat meningkatkan kemampuan hidup sehat bagi para anggotanya secara khusus dan masyarakat pada umumnya yang pada akhirnya diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam menunjang terwujudnya derajat kesehatan masyarakat secara optimal,” harapnya. (es)

Tags: , , , ,