Dinas Kesehatan Laksanakan Monitoring Evaluasi Program Gizi

Dinas Kesehatan Laksanakan Monitoring Evaluasi Program Gizi

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Kesehatan Kota Solok melaksanakan Kegiatan Monitoring Evaluasi Program Gizi, di Aula Dinas Kesehatan Kota Solok, yang dipimpin oleh Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat, Ns. Aprinur Azwira, S.Kep beserta staf. Kegiatan ini dihadiri oleh Penanggung Jawab Program Gizi, Pengelola Ibu, Pengelola Anak serta Penanggung jawab Pustu se-Kota Solok, Rabu (23/6/2021).

Dalam sambutannya, Aprinur Azwira mengatakan “Upaya perbaikan gizi masyarakat bertujuan untuk meningkatkan mutu gizi perseorangan dan masyarakat, antara lain melalui perbaikan pola konsumsi makanan, perbaikan perilaku sadar gizi, peningkatan akses dan mutu pelayanan gizi serta Kesehatan sesuai dengan kemajuan ilmu dan teknologi”.

Diterangkan juga bahwa, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang RPJMN Tahun 2020-2024, menyatakan bahwa arah kebijakan pembangunan bidang Kesehatan adalah untuk meningkatkan pelayanan Kesehatan menuju cakupan Kesehatan semesta terutama penguatan pelayanan Kesehatan dasar (Primary Health Care) dengan mendorong peningkatan upaya promotive dan preventif, didukung inovasi dan pemanfaatan teknologi, yang dicapai melalui 5 (lima) strategi, yaitu 1. Peningkatan Kesehatan ibu, anak, KB dan Kesehatan Reproduksi 2. Percepatan perbaikan gizi masyarakat 3. Peningkatan Pengendalian Penyakit 4. Pemberdayaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan 5. Penguatan Sistem Kesehatan dan pengawasan obat dan makanan.

Selanjutnya, Aprinur Azwira juga menambahkan Percepatan perbaikan gizi masyarakat, diprioritaskan pada percepatan stunting dengan target penurunan prevalesi stunting 14 % dan wating 7% di Tahun 2024.

Untuk menjawab tantangan tersebut diperlukan kegiatan perbaikan gizi masyarakat yang dimonitor dan dievaluasi secara berkala melalui survailans gizi yang meliputi indikator masalah gizi dan indikator kinerja program gizi. Dengan demikian, salah satu upaya percepatan penurunan stunting dilakukan melalui penguatan survailans gizi.

“Oleh karena itu, untuk memperoleh informasi capaian kinerja perbaikan gizi masyarakat secara cepat, akurat, teratur, berkelanjutan dan dapat dipertanggungjawabkan, perlu dilaksanakan kegiatan Evaluasi Program Gizi yang juga dilakukan bersama dengan lintas program terkait”. tutup Aprinur Azwira. (es)

Tags: , , , , , ,