Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

1 Desember 2023

Dinas Kesehatan Gelar Pelatihan Enumerator Study AMPL

Dinas Kesehatan Gelar Pelatihan Enumerator Study AMPL

Solok (MC Kota Solok) – Dinas Kesehatan Kota Solok gelar Pelatihan Enumerator Study AMPL (Air Minum dan Penyehatan Lingkungan) di Aula Dinas setempat, Rabu (26/7). Kegiatan yang dibuka  Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok  dihadiri  Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olah Raga Despa Wildawati, SKM, serta peserta pelatihan yang berjumlah 110 orang. Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 26 sampai  28 Juli 2017 dengan Narasumber Endang Sri Rejeki dari Pokja AMPL Bappenas Jakarta..

Kepala Dinas Kesehatan diwakili  dra. Dessy Syafril, Apt, MPH  mengatakan Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL) merupakan sebuah lembaga yang dibentuk tahun 1997 sebagai wadah/forum komunikasi agar pemanfaatan  air minum dan sanitasi berjalan lebih baik. Pengelolaan data AMPL telah dilaksanakan sejak Tahun 2014 di Provinsi Sumatera Barat dan terus bergulir keseluruh daerah  Kabupaten dan Kota , sampai  tahun 2017 telah terbentuk  sebanyak 6 daerah tingkat II, ungkap Dessy Syafril.

Lebih lanjut Kadis Kesehatan mengatakan, Kota Solok baru menganggarkan dana untuk pengelolaan data AMPL yang berbasis rumah tangga (SABRT) pada tahun 2016 di Kecamatan Tanjung Harapan dengan jumlah  7.725 KK  dan tahun 2017 ini di Kecamatan Lubuk Sikarah dengan jumlah  8.904 KK .  Para Enumerator ini merupakan perpanjangan tangan dari Dinas Kesehatan dalam rangka study AMPL, karena itu ikutilah pelatihan ini dengan baik sehingga nantinya dilapangan tidak ada kendala lagi, ungkapnya.

Endang Sri Rejeki selaku nara sumber menjelaskan materi pengantar SABRT, Konsep dan aplikasi Paper Less survey SABRT, penjelasan tekhnis pelaksanaan dan substansi pertanyaan dalam kuesioner paper less survey, penjelasan cara pengoperasian (bertanya, mencatat, review dan upload), struktur data akses air minum dan sanitasi, filosofi data dan informasi, resiko-resiko kesalahan pengambilan data, klasifikasi pemahaman data, klasifikasi pemahaman melalui praktek dan refleksi, rencana tindak lanjut serta simulasi aplikasi SABRT online. (JTY)

Tags: , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.