Dinas Kesehatan Gelar Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)

Dinas Kesehatan Gelar Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Kesehatan Kota Solok Sosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), kegiatan yang didukung Kementerian Kesehatan itu dilaksanakan di SMP 5 Kota Solok, Rabu ( 13/3/19) yang dihadiri Kepala OPD terkait, Pimpinan Puskesmas, serta para peserta dari unsur masyarakat lebih kurang 300 orang, tenaga medis Puskesmas dengan nara sumber dr. Syuir Syam, M.Kes anggota DPR RI.

Walikota Solok diwakili Kepala Dinas Kesehatan dr. Hj. Ambun Kadri, MKM sambutannya mengatakan Gerakan Masyarakat hidup sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dan kesadaran, kemauan dan kemampuan berprilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

Dijelaskan, GERMAS dapat dilakukan dengan cara melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban. Secara umum, Germas bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berprilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup. Sedangkan, tujuan khususnya adalah meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat dan mengurangi beban biaya kesehatan.

Sementara, nara sumber Syuir Syam menyampaikan tentang apa itu GERMAS dan tujuannya, juga dimaksud dengan keluarga sehat, indikator keluarga sehat, bagaimana cara mengetahui kita sehat.

“Dalam GERMAS, salah satunya kalau ingin hidup sehat adalah berhenti merokok, karena di kota solok ini sudah banyak penderita penyakit Tuberculosis Paru atau yang disebut TBC dan Penyakit Diabetes Melitus (DM), penyakit ini adalah penyakit No 2 terbanyak di kota solok,” ajaknya.

Syuir Syam berharap bisa bersama-sama dengan tim Kesehatan agar bisa sadarkan masyarakat apa itu gerakan masyarakat hidup sehat. Petugas harus turun ke lapangan mengajak masyarakat untuk gerakan hidup sehat.dan juga secara rutin memeriksa kesehatan di Puskesmas untuk memeriksa kesehatan misalnya, periksa Tensi, Gula Darah, Asam Urat serta Kolesterol agar terhindar dari penyakit-penyakit DM, Hipertensi dll. “Bila hal itu dilakukan kesehatan akan dapat terdekteksi dengan baik dan kesehatan terjaga,” ujarnya.  Untuk itu Syuir Syam mengharapkan agar masyarakat  melakukan gerakan hidup sehat dari sekarang untuk bisa mencegah penyakit tersebut. mulailah hidup cerdik yaitu cek kesehatan rutin, tidak tercemar asap rokok, cek aktivitas fisik, melakukan diet seimbang, istirahat yang cukup dan konsumsi buah dan sayur. (es)

Tags: , , , , , , , , , ,

%d blogger menyukai ini: