Dinas Kesehatan Lakukan Monev BOK 2019

Dinas Kesehatan Lakukan Monev BOK 2019

Bukittinggi, (InfoPublikSolok) – Dinas Kesehatan adakan Monitoring dan Evaluasi BOK (Bantuan Operasional Kesehatan) di Hotel Campago Bukit Tinggi , Jum’at (19 s/d 21Juli 2019). Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok dr. Hj. Ambun Kadri, MKM.

Ikut hadir dalm kegiatan ini Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Solok, Dessy Syafril beserta seluruh jajaran pejabat struktural Dinas Kesehatan termasuk 4 orang Kepala Puskesmas beserta KTU.

Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) merupakan bantuan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk mendukung operasional Puskesmas dalam rangka pencapaian program kesehatan prioritas nasional, khususnya kegiatan promotif preventif dan kuratif sebagai bagian dari upaya kesehatan masyarakat.

Dalam penyampaiannya Ambun Kadri mengatakan bahwa monitoring evaluasi dilakukan dengan cara menggali untuk mendapatkan informasi secara regular berdasarkan indikator tertentu, dengan maksud mengetahui apakah kegiatan yang sedang berlangsung sesuai dengan perencanaan dan prosedur yang telah disepakati.

Indikator monitoring mencakup esensi aktivitas dan target yang ditetapkan pada perencanaan program. Apabila monitoring dilakukan dengan baik akan bermanfaat dalam memastikan pelaksanaan kegiatan tetap pada jalurnya sesuai pedoman dan perencanaan program.

Secara prinsip monitoring dilakukan sementara kegiatan sedang berlangsung guna memastikan kesesuaian proses dan capaian sesuai rencana, tercapai atau tidak.

“Bila ditemukan penyimpangan atau kelambanan maka segera dibenahi sehingga kegiatan dapat berjalan sesuai rencana dan targetnya,” papar Kadis.

Point yang harus ditingkatkan oleh Dinas Kesehatan yaitu meningkatkan kualitas pelaksanaan program di masing-masing bidang, pedomani semua peraturan petunjuk teknis RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah), RENSTRA (Rencana strategis) dan RENJA (Rencana Kerja) di lingkungan Dinas Kesehatan, agar dapat dilakukan peningkatan kualitas pelaksanaan program oleh Dinas Kesehatan beserta jajarannya.

Target capaian program yang masih belum tercapai sampai semester 1 tahun 2019 ini diharapkan dapat dicapai pada semester 2 dengan perencanaan, koordinasi dan kinerja yang lebih baik lagi. (es)

Tags: , , , ,