Dinas Kesehatan Kota Solok Lakukan Monitoring Posyandu

Dinas Kesehatan Kota Solok Lakukan Monitoring Posyandu

Solok, (InfoPublikSolok) – Posyandu atau pos pelayanan terpadu merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat

Kabid Kesmas Dinkes Kota Solok, Ns. Hartini, S.Kep. M.Biomed menyatakan Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, utamanya mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Analis Gizi Dinkes Septy Nora, S.Gz dalam keterangannya, Rabu (10/8) mengatakan, dalam kesempatan ini seluruh bidang yang ada di Dinas Kesehatan Kota Solok turun ke lapangan dengan tugas di antaranya memeriksa dan memastikan dengan benar penimbangan Balita dan Ibu hamil baik itu dilakukan oleh kader maupun petugas, mencatat hasil penimbangan di buku KIA atau KMS, mengisi buku register Posyandu, mengukur LILA  Ibu hamil, sesuai format yang telah diberikan per orangnya, kemudian membantu melakukan penyuluhan dan konseling kesehatan dan gizi sesuai hasil penimbangan serta pemberian makanan tambahan.

Kemudian output yang diharapkan yaitu persamaan persepsi tentang standar pelayanan posyandu balita, baik itu dari segi pengukuran bayi, cara melakukan penimbangan, pemberian makanan tambahan dan memastikan APD yang digunakan oleh petugas Kader Posyandu.

Kunjungan lapangan ini dilakukan oleh seluruh Kabid, Kasi dan Staf Dinas Kesehatan yang berjumlah 44 orang yang diberikan tugas 2 orang setiap Posyandu yang tersebar di 88 Posyandu di Kota Solok. (IA)

Tags: , ,