Dinas Kesehatan Siapkan Posko Utama dan Mobile Selama MTQ

Dinas Kesehatan Siapkan Posko Utama dan Mobile Selama MTQ

Solok (InfoPublikSolok) – Dinas Kesehatan Kota Solok mengerahkan dokter, paramedis dan seluruh staf dari Dinas Kesehatan serta 4 Puskesmas yang ada di Kota Solok dalam upaya promotif, preventif serta kuratif demi kelancaran acara MTQ ke-XXXVIII tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kota Solok

Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok dr. Hj. Ambun Kadri, MKM, mengatakan jajarannya telah menyiapkan dan membuka posko utama dan posko mobile, dimana Posko ini digunakan untuk memfasilitasi dalam pemeriksaan kondisi kesehatan para peserta MTQ maupun pengunjung Kafilah.

“Posko utama ini terletak di lokasi Mimbar Utama Lapangan Merdeka, dan dalam teknis pelaksanaannya tim medis dibagi dalam 3 shift. Di Posko Utama ini pelayanan kesehatan dikhususkan untuk pengunjung kafilah, panitia dan pengunjung stand. Dari data yang didapat ada sekitar kurang lebih 10 pengunjung yang melakukan cek kesehatan setiap harinya, baik dari peserta, ataupun dari pengunjung kafilah tersebut,” sebut dr. Ambun dari Posko Utama lapangan Merdeka, Selasa, (18/6) malam.

Sedangkan Posko Mobile, lanjutnya, diberikan tanggung jawab kepada 4 Puskesmas yang ada di Kota Solok serta petugas dari Dinas Kesehatan. Selanjutnya tim dibagi menjadi dua, tim pertama tersebar pada 17 tempat pelaksanaan lomba dan akan berada di lokasi lomba dari awal sampai selesainya acara.

Untuk tim kedua, akan melakukan kunjungan rumah dan pemeriksaan kesehatan ke pemondokan kafilah. Setiap hari tim kedua tersebut turun untuk memeriksa kebersihan tempat pemondokan, pemeriksaan kesehatan dan konsumsi yang diasup oleh kafilah serta pendamping dari kabupaten kota peserta lomba, apakah sesuai dengan standar kesehatan atau tidak. Setiap tim akan turun jika ada permasalahan mengenai kesehatan dan langsung ke lokasi untuk melakukan tindak lanjut keadaan tersebut.

Tim lain yang diberdayakan dalam perhelatan ini adalah Tim Kesehatan dari PSC 119 beserta Dokter penanggung jawab yang akan mengunjungi penginapan Dewan Hakim untuk melakukan pemeriksaan serta cek kesehatan dan menindaklanjuti jika ada permasalahan kesehatan pada dewan hakim tersebut.
Tim Palang Merah Indonesia (PMI) juga ikut bila ada kebutuhan darah serta Rumah Sakit sudah siaga untuk menerima bila ada kasus atau rujukan yang akan dirawat baik RS M. Natsir maupun Rumah Sakit Tentara.

“Selain tim kesehatan, Dinas Kesehatan juga memberikan imbauan kepada semua karyawan untuk hadir menyaksikan semua cabang lomba setiap hari yang tersebar di masjid-masjid dan lokasi lomba terdekat,” pungkas Kepala Dinkes. (es)

Tags: , ,