Dinas Kesehatan Sosialisasikan UKS

Dinas Kesehatan Sosialisasikan UKS

Solok (MC Kota Solok) – Dinas Kesehatan Kota Solok gelar Sosialisasi Kesehatan bagi Guru Penanggung Jawab Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) se-Kota Solok, di Aula Dinas Kesehatan setempat, Kamis (30/3). Acara  dibuka  Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok , dihadiri oleh Guru penanggung jawab UKS se-Kota Solok terdiri guru TK, SD dan SLTA  dengan Narasumber Mulkani Fitry, SH dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat.

Kadis Kesehatan diwakili Kasi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat drg. Ely Suryani sambutannya mengatakan, UKS adalah pola belajar mengajar untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik yang harmonis dan optimal agar menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan kesehatan juga diarahkan untuk membiasakan hidup sehat untuk memiliki pengetahuan, sikap, keterampilan dalam melaksanakan prinsip hidup sehat, serta aktif berpartisipasi dalam usaha kesehatan baik lingkungan sekolah, di lingkungan rumah tangga maupun lingkungan masyarakat.

Ruang lingkup program UKS (Trias UKS),kata Elly melingkupi  penyelenggaraan pendidikan kesehatan, penyelenggaraan pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat, makanya Usaha Kesehatan Sekolah dapat hendaknya menjadikan lingkungan bersih dan nyaman, serta didukung tenaga yang terampil dan bertanggungjawab.

Sementara Nara sumber Mulkani Fitry,SH dalam materinya menyampaikan Tentang Pengoptimalan Pelayanan Kesehatan di Sekolah dalam mewujudkan program UKS, Permasalahan dan penanganan kesehatan anak usia sekolah serta Implementasi PHBS di sekolah.Hendaknya para guru pembimbing dapat menerapkan dilingkungan masing-masing,”pinta Mulkani.(Jty)

Tags: , , ,