Dinas Pariwisata Gelar Festival Kuliner Khas Kota Solok

Dinas Pariwisata Gelar Festival Kuliner Khas Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) –  Dalam rangka mengenalkan potensi wisata dan kuliner khas Kota Solok, Dinas Pariwisata gelar Festival Kuliner Rabu (21/8) bertempat di Destinasi Wisata Pulau Belibis.

Festival ini dibuka langsung oleh Walikota Solok yang diwakili oleh Asisten Bidang Tiga Setda Kota Solok Drs.Muhammad, M.Si. Pada Kesempatan ini turut hadir ketua DPRD Kota Solok, Kasdim 0309 Solok, Kasubag Hukum Polres Solok kota, Ketua Pengadilan Negeri Kota Solok, Ketua PKK Kota Solok, Ketua Persatuan Istri Legislatif, Ketua LKAAM, Ketua Bundo Kanduang, Kepala OPD, Camat dan Lurah terkait.

Dalam sambutannya Muhammad menyampaikan bahwa pemerintah sangat mendukung kegiatan ini dalam upaya pelestarian kuliner khas yang dimiliki Kota Solok. “Solok memiliki banyak potensi kuliner yang selama ini masih belum dikenal oleh daerah lain, dengan kegiatan ini diharapkan kuliner-kuliner Solok ini bisa dikenal lebih luas lagi” tutup Muhammad.

Kepala Dinas Pariwisata Elvy Basri dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh peserta yang berasal dari utusan dari kelurahan dan kecamatan, dengan menyajikan makanan utama Kalio Baluik dan dua jenis kudapan Kue Talam Merah Putih serta Kue Pario. Yang bertindak sebagai juri kegiatan kali ini adalah Chef Mulyadi, Chef Fauziah dan Ayunda Murti.

Pada kesempatan ini ketua DPRD Kota Solok Yutris Chan juga menyampaikan harapan agar kegiatan festival kuliner ini terus dapat dilakukan secara berkelanjutan guna menggali terus makanan khas Kota Solok yang selama ini mulai terupakan.

 

Para peserta kegiatan memperlihatkan kepiawaiannya dalam menyajikan masakan dengan rasa yang luar biasa. Proses memasak yang masih mempergunakan alat tradisional menjadi tantangan tersendiri bagi para peserta. Tidak hanya keahlian dalam memasak peserta juga dituntut dapat  menyajikan makanan dengan baik. Pakaian yang dipakai para pesertapun juga masih menampilkan budaya dan tradisi khas yang dimiliki Kota Solok.

Tags: , , , , , , ,