Dinas Pendidikan Gelar Penulisan Soal Pra USBN Tingkat SD

Dinas Pendidikan Gelar Penulisan Soal Pra USBN Tingkat SD

Solok, (InfoPublikSolok) – Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok diwakili Hj. Inna Wahyuningsih, S.Pd, MM membuka bimbingan teknis penulisan soal Pra USBN tingkat Sekolah Dasar di salah satu hotel di Kota Bukittinggi, Senin (28/1/2019).

Kegiatan menyonsong USBN ini melibatkan sekitar 30 orang Guru SD untuk pembuat soal 10 mata pelajaran yang dibimbing oleh Dinas Pendidikan, unsur Guru Kelas, Guru Mata Pelajaran, Pengawas dan Kepala Sekolah. Kegiatan selama Lima hari ini akan membahas soal Sepuluh mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PQ, PAI, BAM, PKN, SBDP dan PJOK. Sedangkan dari Kepala Sekolah dan Pengawas berfungsi sebagai pengedit/revisi soal yang telah disusun oleh para guru.

Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, Hj. Inna Wahyuningsih ,S.Pd.MM, dalam sambutannya Inna mengatakan dalam penulisan soal perlu kehati-hatian baik dari segi bahasanya, angka-angka yang ditulis, serta materi yang diujikan harus yang sudah diajarkan kepada siswa.  Soal yang ditulis harus terukur dan shahih, jelas tingkat kesukarannya dan jelas ranahnya.

Apakah itu afektik, kognitif atau psikomotorik, sebab bila salah dalam penulisan dan angka akan membuat para peserta akan ragu bisa membuyarkan konsentrasinya. “Makanya pembuat soal harus selektif dan teliti, jangan sampai ada soal yang salah,” tegas Inna lagi.

Sebelum penulisan soal dilaksanakan, seluruh peserta diberikan materi tentang kaidah dan teknik penyusunan kisi-kisi, teknik penulisan soal pilihan ganda, teknik penyusunan soal uraian/ essay, teknik telaah dan revisi soal, dan teknik perakitan soal.

Penulis Soal dipandu langsung oleh tim revisi Soal yang sudah disusun dan direvisi tersebut selanjutnya diketik oleh Tim Pengetik. Untuk finalisasi soal dilakukan revisi ulang sekiranya masih ada yang salah. (rpe)

Tags: , , , , , , ,

%d blogger menyukai ini: