Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

26 Mei 2024

Dinas Perkim Segera Realisasikan 103 Unit Bantuan Rumah Tidak Layak Huni

Dinas Perkim Segera Realisasikan 103 Unit Bantuan Rumah Tidak Layak Huni

Solok (InfoPublikSolok) –  Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Solok (Perkim) akan segera merealisasikan kegiatan bantuan Rumah Tidak Layak huni (RTLH) tahun 2023 sebanyak 103 unit dengan anggaran sebesar Rp3,605 miliar.

Program bantuan RTLH tahun anggaran 2023 yang merupakan program rutin Dinas Perkim yang telah dilaksanakan dari tahun 2017 silam. Hingga tahun 2022, Pemerintahan Kota Solok telah melaksanakan rehabilitasi dan pembangunan RTLH sebanyak 1.134 unit rumah tersebar di 13 Kelurahan Kota Solok.

Secara maraton, di dua tempat berbeda Bidang Kawasan Permukiman Dinas Perkim melaksanakan sosialisasi terkait kelanjutan dari program yang telah dimulai tahapannya dari Maret 2023 yang lalu.

Sosialisasi diawali dengan mengundang 13 Lurah se-Kota Solok di ruang rapat Dinas Perkim Kota Solok, Selasa (23/5). Kepala Dinas Perkim, Hanif dalam kesempatan itu menyampaikan beberapa hal penting yang harus diketahui oleh para aparat di kelurahan terkait siapa saja warganya yang pada tahun ini mendapat bantuan RTLH, dikarenakan calon penerima bantuan tidak saja warga yang diusulkan dari RT/RW dan Kelurahan tapi juga ada dari Pokok Pikiran (Pokir) Anggota DPRD dan usulan dari unsur pimpinan.

Acara sosialisasi berlanjut ke aula Umar Ismail Rivai di lingkungan Dinas Kesehatan, di sini seluruh calon penerima bantuan RTLH tahun ini berkumpul untuk menerima arahan serta langkah-langkah yang harus dilaksanakan sebelum dan sesudah kegiatan pembangunan RTLH terlaksana.

Para calon penerima bantuan juga diberi pembekalan berupa pembentukan kelompok untuk memudahkan dalam komunikasi baik antar calon penerima maupun dengan Dinas Perkim. Dengan harapan jika dalam proses pembangunan terjadi permasalahan di lapangan maka ketua kelompok nanti yang akan berkomunikasi dengan tim pelaksana RTLH.

Hingga sore hari, akhirnya terbentuklah beberapa kelompok dari tiap-tiap kelurahan yang nantinya akan secara berkala melakukan koordinasi dengan tim pelaksana RTLH hingga proses pembangunan terlaksana. (jt)

Tags: , ,

No Responses

Comments are closed.