Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

1 Maret 2024

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gelar Rakor dan Sosialisasi Perpustakaan

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gelar Rakor dan Sosialisasi Perpustakaan

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan Sosialisai Perpustakaan se Kota Solok. Rakor ini diikuti 200 orang peserta terdiri atas kepala OPD, Lurah, Kepala Sekolah SD dan SMP, Pengelola Perpustakaan SD, SMP, Kelurahan dan Masjid yang dibina.

Pelaksanaan kegiatan ini diselenggarakan selama 2 hari dan diadakan pada 2 tempat , yakni pada hari Selasa (20/3/2018) dengan acara Rapat Koordinasi (Rakor) Perpustakaanbertempat di Aula Kubung Tigo Baleh, dan hari Rabu (21/3/2018) Sosialisasi UU No. 43 tahun 2007 di Aula Dinas Pendidikan Kota Solok.

Dra. Hj. Mursiati, MM Kepala Dinias Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok dalam laporannya menyampaikan “kegiatan ini bertujuan untuk 1. Melakukan Evaluasi terhadap Pelaksanaan kegiatan Perpustakaan selama Tahun 2017, 2. Bersama-sama mengembangkan, memajukann perpustakaan sebagai sarana pembelajaran sepanjang hayat, 3. Sinkronisasi Program dan KegiatanPerpustakaan Umum Kota Solok dengan semua OPD terkait yang ada di Kota Solok, 4. Menyatukan Visi dan Misi untuk mewujudkan dan meningkatkan minat baca masyarakat Kota Solok.

Lanjut Kadis, “pada kegiatan ini juga dilaksanakan Penanda tanganan Perjanjian Kerjasama dengan Dekan Faultas Ilmu Budaya Universitas Andalas dan Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Imam Bonjol Padang mengenai  Akses Informasi, peningkatan Kemampuan pengelola Perpustakaan, serta pengolahan dan Pelestarian Bahan Pustaka.

Wakil Walikota Solok Reinier, ST, MM. dalam sambutannya mengatakan “Perpustakaan merupakan cermin sebuah pemerintahan, dan indikator kemajuan sebuah bangsa, dan gambaran citra seorang individu. Untuk melihat performa atau budaya kerja sebuah bangsa, organisasi, atau individu, lihatlah bagaimana perlakuannya terhadap perpustakaan,” ucap Reinier.

“Pemerintah Kota Solok dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan selalu berupaya memajukan dunia perpustakaan dengan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat khususnya di Kota Solok, dimana setiap tahunnya dilaksanakan terus menerus kegiatan-kegiatan peningkatan SDM pengelola perpustakaan seperti Bimbingan Teknis Perpustakaan dan Pembinaan Perpustakaan keseluruh sekolah di Lingkungan Pemerintah Kota Solok” tambah Reinier.

“ Kegiatan Rakor Perpustakaan ini dilaksanakan dengan harapan, agar pengelolaan perpustakaan didaerah kita akan semakin baik dan maju, apabila pengelola perpustakaan melakukan pengelolaan baik dan benar sesuai standar dan aturanya, maka cita-cita BANGSA INDONESIA yang didengungkan oleh Thefounding father yakni memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa dapat terwujud”, tutup Reinier

Pada kegiatan tersebut Walikota Solok juga melakukan pengukuhan Ketua PKK Kota Solok sebagai Bunda Literasi Kota Solok periode 2018-2021, dan sekaligus menyaksikan Pelatikan Pengurus Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kota Solok Periode 2017-2019 oleh Ketua Ikatan Pustakawan Provinsi Sumatera Barat.(kd).

Tags: , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.