Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Apresiasi Pelayanan Kesehatan Hewan dan RPH Kota Solok

Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Apresiasi  Pelayanan Kesehatan Hewan dan RPH Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Pelayanan Kesehatan Hewan dan RPH Kota Solok kembali mendapatkan apresiasi dari daerah lain. Kali ini apresiasi datang dari Pemerintah Kota Yogyakarta, tepatnya dari Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta. Apresiasi tersebut dalam bentuk kunjungan studi banding ke UPTD Puskeswan Kota Solok dan UPTD Rumah Potong Hewan Kota Solok, Rabu (19/12/2018).

Rombongan dari Kota Pelajar yang terdiri dari 4 orang dipimpin langsung oleh Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Drs. Sugeng Darmanto dan didampingi oleh Kepala Bidang Peternakan dan Perikanan, drh. Aladria, Kepala Seksi Mutu dan Pengawasan Pertanian, Eny Sulistyowati, SP. dan Kepala Sub Bagian Keuangan dan PEP, Elli Bangunsari M., SE.

Rombongan diterima oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Perkebunan, Ir. Yurmiati, MM. Yang mewakili kepala dinas dan Kepala Bidang Penyuluhan, Ir. Zeldi Efiza di Kantor Dinas Pertanian Kota Solok, Jln. Abdurrahman Hakim No. 136. Ir. Yurmiati, MM. mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya untuk menjadikan Puskeswan dan RPH Kota Solok sebagai rujukan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta.

Selanjutnya rombongan mengunjungi UPTD Puskeswan di Simpang Ambacang. Dalam diskusi di UPTD Puskeswan Kota Solok, rombongan dari Yogyakarta memperoleh informasi dari Kepala UPTD Puskeswan, drh. Denny Susanti dan Fungsional Medik Veteriner Muda, drh. Efal Afriandoni. Mereka mendapat keterangan tentang implementasi ISO 9001:2008 yang telah diperoleh oleh Puskeswan Kota Solok sejak 2016. Bahkan sejak Juni 2018, UPTD yang dipimpin mantan dokter hewan berprestasi tingkat nasional ini telah menerapkan ISO 9001:2015.

Rombongan juga mendapatkan informasi tentang retribusi pelayanan kesehatan hewan di UPTD Puskeswan yang telah berlangsung sejak tahun 2014 pada berbagai jenis hewan termasuk hewan kesayangan diantaranya anjing, kucing, monyet dan kelinci. Khusus vaksinasi rabies, pelayanan dilakukan dengan door to door.

Dari UPTD Puskeswan, tamu dari kota yang terkenal dengan sebutan ‘Kota Gudeg’ ini mengunjungi UPTD RPH yang terletak di jalan lingkar utara Kota Solok. Rombongan diterima oleh Kepala UPTD RPH, Zulhadiman beserta jajarannya. Menurut Kepala UPTD yang baru dilantik kurang dari 3 bulan ini, RPH Kota Solok mempunyai lahan sekitar 1,2 Ha dengan jumlah pemotongan rata-rata 6-7 ekor/hari. RPH yang baru difungsikan tahun 2016 ini mempunyai 10 orang pegawai yang terdiri dari Kepala Tata Usaha yang saat ini dijabat Ulfa Golnarsih, S.Pi., Medik Veteriner, drh. Widya Nanda, Paramedik Veriner, Keurmaster, Petugas Administrasi, Sopir Mobil Angkut Daging, Petugas Jagal, Cleaning Service dan Penjaga kantor.

“RPH Kota Solok telah memperoleh sertifikat halal dari BPOM MUI pada tahun 2014 dan telah diperpanjang sebanyak 2 kali karena masa berlaku sertifikat selama 2 tahun” terang Pria Asli Sijunjung ini.

Untuk mengenalkan agrowisata di Kota Solok, rombongan dibawa menuju Pusat Budidaya Krisan dengan View Pemandangan yang menakjubkan di Batu Patah Payo (fa).

Tags: , , , , , , ,